10 Tips Menghadapi Perubahan Ekonomi Keluarga Akibat Virus Corona

Senin, 30 Maret 2020




Akibat wabah Corona ini memang mulai berdampak pada sektor ekonomi, memang hal itu tidak bisa kita pungkiri. Tetapi kita wajib mempersiapkan diri sejak dini agar meminimalisir gejolak pada ekonomi keluarga, dan harus disikapi secara positif dan bijaksana.

Hal yang perlu dipersiapkan adalah:

1.    1. Jangan Mudah Panik
Keadaan panik akan membuat anda tertekan sehingga tidak dapat berpikir dengan tenang dan jernih, sehingga masalah tidak bisa diselesaikan dengan baik.

2.    2.  Cek kondisi keuangan
Ini sangat penting sekali, kita harus mengetahui posisi keuangan kita dalam 3 bulan ke depan, apakah ada tabungan dan nilainya berapa, lalu melihat kembali pengeluaran belanja dalam satu bulan.

3.   3. Menyusun Ulang Anggaran
Poin ini sangat penting sekali sebagai langkah ke tiga, pos-pos belanja yang tidak terlalu penting sudah mulai di hapus dan mulai persiapkan pos-pos yang lebih utama. Pemilahan pos ini perlu juga didiskusikan dengan suami dan juga anak-anak bila diperlukan.

4.    4. Mempersiapkan Dana Darurat
Dana ini penting tetap ada untuk keperluan yang tidak terduga selain anggaran kebutuhan wajib dan harus tetap disisihkan di pos tersendiri.

5.    5. Waktu Yang Tepat Untuk Hidup Sederhana
Mengurangi hidup konsumtif, lebih memprioritaskan hal-hal yang berhubungan dengan kebutuhan pokok dan kebutuhan kesehatan seluruh keluarga.

6.   6. Mencari Alternatif Harga Yang Murah Dengan Manfaat Yang Sama
Contoh mengganti konsumsi daging dengan konsumsi tempe yang memiliki manfaat sama untuk asupan protein bagi tubuh. Atau mengganti konsumsi vitamin C dengan perasan jeruk nipis yang ditambahkan ke dalam minuman sebagai pengganti vitamin.




7.    7. Pembayaran Melalui Online
Jadi ketika di awal bulan setelah menerima gaji bulanan, segera lakukan pembayaran SPP sekolah, pembelian token listrik dan lainnya melalui pembelajaran online agar kita segera dapat mengetahui posisi keuangan kita untuk bisa mengatur anggaran bulanan.




8.   8. Menggunakan Internet Seperlunya
Agar lebih menghemat pengeluaran kita perlu memikirkan penggunaan data internet agar tidak menggangu anggaran belanja dalam satu bulan.

9.    9. Mulai Menanam Sayuran Dan Buah
Mungkin bagi sebagian orang, menanam sayuran sendiri kurang efektif karena hasilnya memerlukan waktu, tapi tidak ada salahnya kita lakukan. Manfaatnya akan datang kemudian terapi menanam sayuran juga merupakan hiburan dan kesenangan tersendiri bagi sebagian orang yang lain sehingga hidupnya lebih tenang dan bahagia yang tentunya juga akan membawa dampak positif bagi keluarga di saat perekonomian sedang tidak stabil.




1 

110. Senantiasa Bersyukur
Apa pun keadaan yang terjadi saat ini, rasa syukur akan membawa kita lebih sabar dan ikhlas dalam menghadapi kenyataan saat ini. Sehingga kita juga tetap sehat, tetap bersemangat, tetap bijaksana.

Semoga Allah segera mengangkat wabah Corona ini, perekonomian menjadi stabil kembali dan kita bisa beraktivitas seperti sebelumnya. Stay safe from Corona, Stay at Home semoga kita semua senantiasa dilindungi dan diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Aamiin ya Rabbal Alamin...


6 komentar

  1. sip...makasih tipsnya keuangannya...semoga virus cepat berlalu....

    BalasHapus
  2. Terima kasih tipsnya mbak, sangat berguna unyuk mengatur keuangan.

    BalasHapus
  3. Yups setuju mbak, iktiar menyusun ulang anggaran belanja saat si virus ini sdh melanda dunia memang hrs dimulai dari tidak panik dulu, tetap tenang memang solusi terbaik.

    Btw saran unt menanam sayuran dan buah oke jg tuh, sdh mulai banyak blogger yg menerapkannya.

    Nice share mb.
    Salam kenal, yak.

    BalasHapus
  4. Salam kenal balik semoga bermanfaat ya mbk

    BalasHapus