6 Tips Jitu Cara Menghadapi Virus Corona Secara Islami

Sabtu, 28 Maret 2020










Perkembangan virus Corona mau tidak mau memang berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari, baik yang sifatnya secara pribadi maupun yang sifatnya umum. Bahkan pada mereka yang bekerja melayani masyarakat umum juga sangat terpengaruh terutama secara psikis, karena mereka sadar betul dampak bila terpapar oleh virus ini. Bahkan sebagian dari mereka sampai mengakibatkan sulit tidur dan susah makan, akan lebih mengkhawatirkan bisa menurunkan imunitas tubuh orang tersebut
.
Dari segi ekonomi juga berpengaruh, karena memang salah satu cara memutus rantai penyebaran harus dengan tinggal di rumah jadi pasti akan berdampak juga secara ekonomi. Pada para ojol yang sepi karena semua orang sedang melaksanakan himbauan di rumah saja dan social distancing. Para pedagang juga mengalami hal yang sama, semua lini memang sangat terdampak akibat mewabahnya virus Corona.

Nah itu sebabnya, saya ingin memberikan tips bagaimana cara menghadapi situasi seperti ini.
Langkah-langkah tersebut adalah:

1.    1. Tetap Tenang dan Tawakal Kepada Allah SWT
Hendaknya kita tetap pasrah dan tawakal kepada Allah SWT karena segala sesuatu atas kuasa Allah dan sudah menjadi ketetapannya, positive thinking, sikap tenang adalah kunci sukses dalam melaksanakan langkah berikutnya.

2.     2. Ikhtiar
Segala upaya akan selalu kita lakukan dalam mencegah penyebaran virus Covid-19, ikuti aturan yang sudah ditetapkan yaitu dengan tetap di rumah dan social distancing. Menjaga daya tahan tubuh dengan rutin olahraga, makan makanan bernutrisi, konsumsi vitamin C, istirahat cukup.

3.    3. Doa
Bersyukur dan bersabar dalam menghadapi wabah virus Corona, berdoa agar segera berlalu karena usaha tanpa berdoa adalah sia-sia.

4.    4. Ikhlas dan Sabar
Menerima semua kejadian ini dengan ikhlas dan sabar,  segala sesuatu pasti ada hikmahnya maka kita harus pandai-pandai mengambil hikmah atas kejadian ini.

5.    5. Syukur
Apa pujn yang terjadi akhir-akhir ini, tetaplah bersyukur, bila kita bisa menikmati rasa sabar maka kita akan bisa merasakan nikmatnya bersyukur.

6.     6. Jangan Mudah Percaya Berita HOAX
Perlu menyaring dan meyikapi setiap informasi yang ada agar tidak membawa dampak yang negatif terhadap diri kita sendiri, senantiasa bersikap dewasa dan bijaksana.

Semoga kita semua  diberikan kesehatan dan keselamatan dari wabah virus Corona, bisa memetik hikmahnya dan senantiasa bersyukur kepada Allah SWT.

1 komentar

  1. Semoga kita semua bisa mengambil hikmah dari semua wabah ini ya mbak

    BalasHapus