Ajarkan Sedekah Subuh Sejak Dini Pada Anak-Anak

Sabtu, 28 Maret 2020










Ani bertanya, “ Ibu kenapa kucing itu selalu datang setiap Subuh?”
Ibu bertanya, “ Kucing yang mana Ani? Apa kamu melihatnya?”
Ani berkata, “ Kucing yang coklat itu ibu!”
Ibu berkata, “Beri makan Ani, mungkin dia lapar.”
Itu adalah kutipan perbincangan ibu dan Ani, beberapa saat setelah kami sekeluarga menunaikan ibadah sholat subuh bersama.




Moms, moment yang tepat untuk mengajarkan sedekah adalah sedari dini, agar mereka terbiasa dan paham makna bersedekah. Kita bisa menyelipkan pemahaman sedekah sekaligus mempraktekannya secara nyata, seperti pada kasus Ani itu adalah sebuah moment yang tepat untuk mengajarkan sedekah subuh.  Memberi  makan  kucing yang sedang lapar adalah kegiatan  sedekah  subuh  yang  bisa dilakukan untuk membiasakan  anak bersedekah

Apa sih sebenarnya sedekah subuh? Jadi begini, keutamaan sedekah subuh disebutkan dalam hadist Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali, turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, “Ya Allah berilah ganti kepada orang yang berinfak.” Sedangkan yang satunya lagi berdoa, “Ya Allah berilah kerusakan pada orang yang menahan hartanya.” – HR Bukhari dan Muslim.

1.    1.  Di do’akan malaikat
Bahwa sedekah subuh baginya akan dimudahkan rejeki, didoakan sedari subuh oleh malaikat.
2.   2.  Dilipat gandakan harta
Sedekah tidak akan membuatmu menjadi miskin tetapi malah sebaliknya, akan dilipatgandakan rejeki kepadamu.
3.   3. Menghapuskan dosa
Sedekah adalah amalan tambahan yang dapat menghapus dosa.
“Sedekah bisa menghapuskan dosa sebagaimana air memadamkan api” H.R. Tirmidzi
4.   4.  Menolak Bala dan Su'ul Khotimah
Tidak ada seorang pun yang mau meninggal dalam keadaan su'ul khotimah, namun musibah dan hal buruk bisa datang kapan saja.

 Itu sebabnya, biasakanlah bersedekah subuh secara rutin agar dihindarkan dari segala macam kemalangan dan akhir yang buruk (su'ul khotimah).
Nabi bersabda, “ Obatilah orang-orang yang sakit dari kalian dengan sedekah. Sesungguhnya sedekah itu dapat meredam murka Allah, dan menolak kematian yang buruk”- H.R Tirmidzi.

Nah itu sebab kita lebih baik ajarakan ananda dengan sedekah sejak dini dengan ikhlas, terutama sedekah subuh rutin. Apalagi dilakukan selepas sholat subuh seperti sedekah makan pada kucing lapar tadi karena sesungguhnya sedekah juga bisa dilakukan pada hewan seperti kucing dan lain-lain yang sedang kelaparan atau kehausan. Ajarakan sedekah dengan cara yang menyenangkan dan penuh dengan kasih sayang, semoga putra-putri kita menjadi anak yang sholeh dan sholehah .Aamiin ya Robbal Alamin.


1 komentar

  1. Ternyata sedekah subuh juga bisa pada kucing ya mbak, wah tambah semangat nih anak-anakku kasih makan kucing.

    BalasHapus