Benarkah Sinar Matahari Mampu Mematikan Virus Corona?

Kamis, 26 Maret 2020


Dengan semakin banyak penyebaran virus Corona yang kian mengkhawatirkan, berbagai upaya pemerintah dalam mengatasinya. Meski terkadang banyak terdapat keterbatasan pemerintah dalam mengatasinya yang sebaiknya kita bantu dengan mengikuti senantiasa kebijakannya dengan melockdown diri sendiri dirumah.

Akhir-akhir ini banyak berita pesan berantai yang mengatakan bahwa, berjemur dibawah sinar matahari antara pukul 09.00-10.00 wib bisa mematikan virus Corona, saya sungguh tergelitik ingin mencari tahu kebenaran tentang hal ini. Setelah seharian menelisuri berbagai fakta, akhirnya pagi ini saya berusaha memberikan edukasi tentang hal ini.








Berjemur dibawah matahari pada pukul 09.00-10.00 wib memang sangat bermanfaat sebab pada saat itu sinar matahari sudah memiliki utra violet B yang mengubah vitamin D3 menjadi D aktif. Beberapa informasi yang beredar mengatakan bahwa virus Covid-19 atau SARS-CoV-2 bisa mati dibawah sinar matahari, sehingga orang saat ini banyak melakukan aktivitas berjemur pada jam tersebut dengan asumsi bisa mencegah virus Covid-19.

Namun para ahli medis mengatakan bahwa asumsi ini keliru sebab berjemur di bawah matahari tidak bisa mematikan virus ini. Kekeliruan tersebut sudah beredar meluas di masyarakat mungkin semua ini berawal dari kebiasaan jaman dahulu yang terbiasa menjemur perabotan dibawah sinar matahari untuk mematikan kuman jahat.

Namun anggapan ini memang tidak sepenuhnya keliru sebab memang ada beberapa kuman yang bisa mati akibat di jemur atau di masak dalam suhu tinggi, tetapi hal ini tidak berlaku pada virus Corona. Bahkan menurut ahli medis, ultraviolet digunakan untuk mematikan kuman juga masih dalam tahap penelitian.

Walaupun demikian, berjemur di bawah matahari tetap memberikan manfaat bagi tubuh untuk memperoleh vitamin D3. Vitamin D3 dibutuhkan oleh tubuh untuk menyerap kalsium dan fosfor yang penting untuk membangun dan menjaga tulang yang kuat.
Belum terbukti bahwa sinar matahari bisa membunuh virus Corona Covid-19, bahkan UNCEF membantah telah menyarankan orang untuk berjemur dibawah sinar matahari untuk mematikan virus Corona Covid-19.

Nah, sekarang sudah tahu kebenarannya meski demikian berjemur dibawah sinar matahari saat pukul 09.00 – 10.00 wib tetaplah bermanfaat bagi tubuh kita karena mampu membantu penyerapan kalsium dan fosfor untuk membangun dan menjaga tulang.
Tetap dirumah, tetap social distancing, tetap berkarya dan tetap berusaha menjaga imunitas tubuh agar mencegah terjangkit virus Corona Covid-19. Have a great day!

2 komentar

  1. Iya, berjemur itu untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar bisa kuat melawan virus termasuk corona

    BalasHapus