Fake or Fact, Jeruk Nipis Membuatmu Makin Cantik!

Rabu, 18 Maret 2020


Hai, Ladies!
Jeruk nipis ( Lat Citrus aurantifolia : family rutaceae) memang  kaya  vitamin C dan asam citrat. Semua orang  kenal  buah  yang  satu  ini, biasa disajikan  sebagai  minuman atau  pelengkap masakan. Tahukah  kamu  apa  saja  yang  terkandung  di  dalamnya?
Apa sih  kandungan  jeruk  nipis?
1.      22  miligram  (mg)  kalsium
2.      12  mg  fosfor
3.      68  mg  potasium
4.      19,5  mg  vitamin  C, 20 – 25  dari  nilai  harian  yang  direkomendasikan  bagi  orang  dewasa.
Namun, tahukah bahwa  jeruk  nipis  memiliki  banyak  manfaat  bagi  kulit  wajah. Menghemat  biaya untuk  perawatan   wajah   ke  salon, tentunya.
Inilah  manfaat  jeruk  nipis  bagi kulit  wajah:
1.      Meremajakan  kulit  wajah
Semakin bertambah  usia,  paparan  sinar  UV, polusi dan  beberapa  zat  dalam  asupan sehari-hari  membuat  kulit  kusam. Akibatnya  muncul  noda  hitam, keriput  dan penuaan dini yang dapat diperlambat  dengan jeruk  nipis. Gosokkan kulit jeruk nipis ke wajah atau bisa juga digunakan sebagai  masker untuk  mengurangi  pigmentasi dan  menghambat  produksi  melanin.
2.      Mengatasi  warna  kulit  yang  menjadi  coklat
Setiap manusia pasti terkena paparan sinar matahari, yang membuat kulit menjadi coklat. Caranya, air  jeruk  nipis di campur  tepung  (besan)  atau  dahi  (dadih)  sampai menjadi  pasta  lalu  gunakan  sebaga i masker  wajah  setiap  seminggu sekali.
3.      Mencegah  dan  mengatasi  jerawat
Jeruk nipis mengandung  antibiotik, sehingga bisa mengatasi bakteri  pada  jerawat. Gunakan air  jeruk  nipis dan  madu  untuk  mengatasi  jerawat  lakukan  secara rutin seminggu  sekali.
4.      Mengecilkan  pori-pori  kulit
Di dalam jeruk nipis memiliki  kandungan tertentu  yang  bersifat  astrigen yang bisa membuat  otot-otot  menjadi  rapat  yang  membuat  pori-pori  lebar  normal  kembali.
5.      Mengangkat  sel  kulit mati
Sel kulit mati yang  tertinggal di wajah membuat  wajah menjadi kusam, kandungan asam sitrat  pada  jeruk  nipis  dapat  mengangkat  sel-sel  kulit  mati.
6.      Menjadikan  kulit  bercahaya
Jeruk nipis mampu mengurangi minyak  pada wajah sehingga kulit wajah menjadi bersih. Jeruk nipis diseduh  dengan  air hangat dan madu bisa membuat kulit nampak lebih bercahaya.

Perlu di ketahui, sebelum  menggunakannya  produk alami tentu  harus berhati-hati  sebab reaksi tubuh setiap orang berbeda. Bahkan  keamanan  dan  keefektifan untuk wajah membutuhkan riset yang lebih  luas.
Untuk itu, penggunaan air  jeruk  nipis  untuk wajah perlu memperhatikan banyak  hal  sebab  zat asam yang  terkandung  dalam jeruk  nipis bisa  menimbulkan  resiko iritasi, wajah  kering  dan  kemerahan.

Jangan  mengoleskan air  jeruk nipis langsung ke wajah ketika melakukan aktivitas di luar ruangan. Terpapar sinar matahari hari langsung setelah mengoleskan air jeruk nipis bisa mengakibatkan phytophotodermatitis. Hal  ini dikarenakan  kandungan bahan kimia yang terdapat pada jenis tanaman tertentu  mengakibatkan  kulit  peradangan  atau  kulit  terbakar.
Cara mengetahui sensitifitas kulit terhadap kandungan jeruk nipis pada wajah dapat melakukan langkah-langkah berikut:
1.      Oleskan atau gosokkan potongan jeruk nipis pada punggung tangan, bawah dagu dan belakang  telinga.
2.      Tunggu 15 menit  kemudian  bilas  dengan  air  sampai  bersih
3.      Bila kulit tidak mengalami kemerahan, bentol, iritasi, perih dan atau tanda alergi lain maka dinyatakan aman.
Namun bila muncul reaksi alergi, maka sebaiknya penggunaan jeruk nipis tidak dilanjutkan. Hal ini sangat  perlu  diperhatikan  agar  terhindar dari gangguan  kulit.
Dari ulasan di atas, maka kesimpulannya adalah bahwa jeruk nipis memiliki manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan kulit. Meski disebutkan pula bahwa keefektifannya masih membutuhkan riset lebih lanjut, tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba sebab saat ini produk yang diminati adalah produk herbal yang minimal efek  samping  dan  baik bagi kesehatan. Selamat mencoba Miks!




1 komentar