Resep Bumbu Saos Pentol Pedas

Kamis, 26 Maret 2020



Wabah Corona melanda, himbauan pemerintah kita bahwa kita harus memutus rantai penyebaran virus Covid-19 dengan tetap berada di rumah. Bahkan pemerintah memberikan kebijakan bagi anak-anak untuk belajar dirumah. Situasi ini, membuat ibu-ibu harus pintar menyiasati agar anak-anak tidak jenuh dan bosan di rumah.

Selain pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru secara online serta pembelajaran materi sekolah juga secara online, tentu anak-anak yang dalam masa pertumbuhan suka sekali camilan atau ngemil di sela mengerjakan tugas dan belajar online. Untuk itu, ibu perlu memperhatikan cemilan sehat kekinian yang disukai anak-anak, dan membuat mereka lebih bersemangat.

Kali ini, pilihan menu jatuh pada pentol atau bakso tanpa kuah yang tentu saja mengandung protein sebab ada daging di dalamnya. Yang dalam bahasa Inggris disebut meat ball yang juga familiar bagi warga asing yang sedang atau pernah tinggal di Indonesia selain makanan populer lainnya seperti nasi goreng dan sate.

Bukan pentol atau bakso tanpa kuah yang akan dikupas lebih mendalam, tetapi lebih ke bumbunya yang bisa dijadikan varian rasa bagi anak-anak. Sehingga anak-anak lebih bergairah dalam menyantapnya sebab protein yang terkandung dalam pentol mampu meningkatkan imunitas tubuh dalam mencegah Corona.

Resep Bumbu Pentol Pedas
Ala Chef Erly

Bahan:
Bumbu halus
7 buah cabe merah ukuran besar
5 buah cabe rawit
7 siung bawang merah
5 siung bawang putih
Gula merah secukupnya
Kaldu ayam bubuk secukupnya
Garam secukupnya

Pelengkap:
3 lembar Daun salam
1 batang Serai
1 cm Lengkuas

Cara membuat:

Haluskan semua bumbu, kemudian tumis dalam minyak panas serta masukkan bumbu pelengkap hingga tercium bau harum, tumis hingga matang.

Kemudian masukkan pentol atau bakso di dalam tumisan bumbu merah lalu kecilkan api dan biarkan bumbu meresap, lalu sajikan. Rasanya yang pedas, manis, asin dan gurih pasti disukai anak-anak.
Pentol pedas ini nikmat di santap sambil belajar atau sore hari saat santai bercengkrama bersama keluarga ditemani teh hangat atau jus dingin. Stay at Home akan selalu menyenangkan bersama masakan ibu yang dimasak dengan penuh cinta.

Jaga terus imunitas tubuh dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi, olahraga teratur, istirahat cukup, tambah dengan konsumsi vitamin C, minum 8 gelas sehari dan terus berpikiran positif sehingga mood senantiasa terjaga dan jangan lupa senantiasa bahagia.


2 komentar