7 Tips Kebiasaan Di Bulan Ramadhan Yang Bisa Disiasati Selama Pandemi Corona

Jumat, 10 April 2020






Masih kebayang keseruan Ramadhan tahun kemarin, indahnya suasana. Bahagianya tiada terkira, bisa berkumpul bersama sesama muslim untuk menjalankan ibadah bersama-sama.
Sebentar lagi bulan Ramadhan tiba, akankah seperti sedia kala? Bulan yang sangat kita rindukan kehadirannya berikut kebiasaan unik yang mungkin tidak bisa dilakukan lagi tahun 2020 ini.

Namun janganlah bersedih, karena saya akan berikan beberapa tips alternatif pengganti kebiasaan kita selama ini dibulan Ramadhan meskipun kita sedang melaksanakan Physical Distancing, berikut adalah uraiannya:





11.  Ziarah makam
Sudah menjadi tradisi kita untuk ziarah makam atau nyekar sebelum menginjak bulan Ramadhan, hal ini mungkin bisa diganti dengan mengirimkan doa bersama dari rumah.

22. Kirim Doa (Megengan)
Ada sebagian masyarakat yang lain menyebutnya unggahan Poso, tradisi saling mengirim atau bertukar makanan yang dilakukan sebelum bulan Ramadhan tiba sebagai bentuk rasa syukur karena sudah dipertemukan dengan bulan puasa lagi. Mungkin hal ini bisa disiasati dengan menggunakan layanan antar aplikasi online.





33. Patrol Sahur
Kebiasaan membangunkan sesama muslim untuk melakukan sahur dengan membunyikan berbagai alat musik bahkan juga menggunakan alat seadanya oleh anak-anak muda yang turut meramaikan suasana sahur. Bisa disiasati dengan cara saling mengirim kabar melalui gadget atau menelpon satu saudara dengan saudara lain.

44. Ngabuburit
Sebagian orang melakukan ngabuburit dengan berjalan-jalan keliling kota, hal ini bisa disiasati dengan berkebun, memasak atau bersih-bersih rumah.





55. Buka Bersama
Bisa di siasati dengan saling berkirim makanan sehingga silahturahmi dan kedekatan masih terasa.




66. Berbagi takjil
Semangat gotong royong yang tinggi diwujudkan dengan berbagi takjil pada bulan Ramadhan tahun sebelumnya, Ramadhan ini bisa dikumpulkan ke yayasan panti asuhan karena adanya physical distancing




8
97. Kolak
Sudah menjadi kebiasaan di saat Ramadhan menu takjil berupa kolak. Menu ini pasti masih bisa dinikmati dan bila tidak sempat memasak pun ada layanan antar online yang siap membantu.

Itulah 7 kebiasaan di bulan Ramadhan, yang kita bisa siasati agar kita tetap bisa merasakan indahnya bulan Ramadhan meskipun dalam keadaan physical distancing karena pandemi ini. Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan, dan dilindungi dari virus Corona.


Salam santun,

      Erly 


Posting Komentar