Tom Yam Penangkal Corona

Kamis, 02 April 2020









Hai Moms!
Kemarin di wilayah kota Mojokerto sudah diumumkan bahwa belajar di rumah diperpanjang sebab pandemi masih terjadi dimana-mana, supaya dapat memutus rantai penyebaran virus Corona maka kebijakan ini di ambil. Memang kita sangat prihatin dengan keadaan ini ya Moms, stay at home memang langkah bijaksana yang bisa kita lakukan di saat ini.

Tentu Moms tiap hari mencari kegiatan yang bermanfaat agar stay at home menjadi  tidak membosankan, salah satunya dengan kegiatan menyalurkan kembali hobby di dapur. Sebab putra-putri kita yang sedang dalam masa pertumbuhan pasti juga suka sekali nyemil disela kegiatan belajar on line dan tugas-tugas sekolah.

Jika kemarin saya memberikan resep pentol  pedas, kali ini saya bagi resep yang kaya rempah supaya dapat menghangatkan tubuh dan menambah stamina karena ada empon-empon di dalamnya dan ada sayur seperti  cabe yang juga mengandung vitamin C dan beberapa sayuran yang kaya serat yang boleh Moms tambahkan sendiri sesuai  kreasi Moms.
karena kaya akan empon-empon maka saya ubah namanya sedikit menjadi ada nama belakang Penangkal Corona karena dengan harapan setelah konsumsi TomYam ini daya tahan tubuh semakin kuat menghalau virus Corona.
Sudah siapkah Moms?  Kita mulai dengan Resepnya






Tom Yam Suki Penangkal Corona
ala  Momi  Erly

Bahan isi:
Bakso ikan
Bakso kepiting
Tahu tofu
Udang
Jamur kenoki (bila ada)
Sayur sawi
Wortel

Bahan halus
4 siung bawang putih
7 siung bawang merah
3 butir kemiri
3 buah cabe merah besar (sesuai selera)
Cabe rawit secukupnya (bila suka)
Cabe bubuk secukupnya (bila suka)

Bumbu Pelengkap:
7 lembar daun jeruk (boleh lebih)
1 buah jeruk nipis (boleh lebih)
2 batang serai (boleh lebih)
2 cm lengkuas (boleh lebih)
2 cm jahe (boleh lebih)
3 siung bawang putih iris goring

Cara membuat:
Haluskan semua bahan bumbu halus di atas, kenapa saya beri tanda kurung (boleh lebih) di setiap jumlah bumbu karena terkadang ada yang suka kuah Tom Yam Suki ini berasa lebih kental sedangkan takaran yang saya berikan adalah kuah yang standard ringan di lidah.

Setelah dihaluskan maka silahkan tumis sampai matang dengan api kecil, lalu geprek semua bahan pelengkap. Didihkan air kurang lebih 1, 5 liter kemudian masukkan bumbu halus dan bumbu pelengkap sampai mendidih, masukkan semua bahan Tom Yam Suki kedalam kuah mendidih dan biarkan beberapa saat.
Siap sajikan, lebih nikmat dalam keadaan hangat



1 komentar