Kenali 13 Ciri Psikopat Yang Wajib Kamu Ketahui

Kamis, 12 November 2020

 




Lina adalah seorang mahasiswi di sebuah universitas swasta, dia baru saja memutuskan hubungan dengan tunangannya setelah mereka berkenalan selama 6 tahun lamanya. Lina merasa ada begitu banyak kejanggalan pada hubungan mereka, meskipun Lina menyadari bahwa Lina sangat mencintai dia tetapi sikap dia terkadang membuat Lina merasakan ketakutan.

Apa yang dirasakan Lina bukannya tidak beralasan, tetapi setelah hubungan mereka berjalan 6 tahun Lina semakin merasa tidak mengenal laki-laki yang sudah menjadi tunangannya tersebut. Banyak sekali hal yang tidak Lina ketahui pada calon suaminya tersebut dan akhirnya Lina memutuskan untuk mengambil sikap dengan memutuskan hubungan yang sudah mendekati ke jenjang lebih serius tersebut.

Apa yang sebenarnya ditakutkan oleh Lina dengan perubahan sikap calon suaminya yang terkadang sangat sulit di tebak dan berubah-ubah. Begini kisahnya, pada pagi itu Lina membaca sebuah artikel di halaman media sosial yang sedang diamati.

Awalnya Lina hanya ingin mempelajari apa yang harus dia lakukan untuk bisa beradaptasi dengan calon suaminya ketika mereka menikah kelak. Lina membuka beberapa informasi terkait hal psikologi yang akan dijadikan sedikit gambaran apa yang harus dia lakukan ketika sudah menikah dan menghadapi perihal sikap calon suaminya yang sebenarnya sudah lama dia rasakan sedikit berbeda dari orang pada umumnya.

Lina terkejut ketika membaca halaman tersebut karena sebagian besar menggambarkan sikap dan perilaku calon suaminya, lembar itu adalah lembar halaman tentang psikopat. Walau pun perlu pengujian secara klinis untuk mengambil kesimpulan apakah seseorang itu merupakan psikopat atau bukan, tetapi ada baiknya kita memiliki sedikit pengetahuan tentang ciri-ciri seorang psikopat.

Apa sebenarnya psikopat itu?

Secara medis psikopat disebut juga kepribadian anti sosial,  yaitu merupakan kepribadian yang tidak memiliki empati dan kebiasaan melanggar aturan. Gangguan kepribadian ini dikategorikan dalam gangguan type B yang ditandai dengan gangguan emosional yang menganggu relasinya dengan orang lain.

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebab seseorang memiliki kepribadian psikopat, tapi dugaan adalah karena faktor genetika, lingkungan dan budaya bisa memicu perilaku ini.

Mari kita simak gelaja-gelaja seorang psikopat

1. Mudah Bosan

Mereka cenderung memiliki titik rangsangan dibawah orang lain sehingga mereka mengalami fase kebosanan kronis dalam kehidupannya.  Itu sebabnya mereka suka melakukan hal-hal yang menurut mereka menyenangkan terus-menerus untuk merasa normal.

2. Sangat Menarik

Salah satu cara untuk memperdaya orang adalah terlihat menarik, psikopat akan melakukan segala hal agar tampak menarik sehingga mampu memperdaya orang lain dalam berinteraksi. Mereka akan melakukan banyak hal agar bisa disukai orang lain termasuk memanipulasi penampilan sehari-hari, serta mereka mampu mengumpulkan sejumlah orang serta berinteraksi bersama mereka.

3. Banyak berbohong

Bila para pembohong pantologi tidak perlu memiliki tujuan saat berbohong, berbeda dengan psikopat sebab mereka melakukan untuk suatu tujuan tertentu. Mereka menipu orang lain dengan berbohong agar masuk ke dalam perangkat mereka dan kemudian terikat secara emosional terhadap mereka.

4. Kurang Realistis

Para psikopat tidak memiliki perencanaan masa depan, mereka lebih menyukai memanfaatkan momentum tertentu dan bila memiliki rencana maka rencana tersebut tidak realistis untuk masa depan.

5. Merasa Unggul

Seorang psikopat merasa dirinya adalah nomer satu dan terhebat dan merasa lebih baik dari orang sekitar sehingga mereka tidak pernah memikirkan dampak buruk akibat perbuatannya kepada orang lain.

6.  Empati Yang Hilang Timbul

Seorang psikopat tidak akan peduli dampak dirinya terhadap orang lain, baik secara finansial, sosial atau pribadi. Hal itu terjadi karena ketidakmampuan merasakan dirinya sendiri dan orang lain.

Sebuah studi mengatakan mempelajari aktivitas otak beberapa kekerasan para psikopat dan menemukan otak mereka diasosiasikan dengan penderita orang lain.

7.  Mudah Marah

Seorang psikopat memiliki kecenderungan mudah marah, tak peduli dengan siapapun atau apapun yang mereka lakukan.

8. Berhubungan Intim Secara Acak

Dengan kemampuan menarik dan tidak mencurigakan di hadapan korbannya, seorang psikopat bisa melakukan hubungan intim dengan siapa pun di tempat tidur. Namun mereka tidak tertarik dengan suatu komitmen.

9. Implusif dan tak bertanggung jawab

i    Terlihat dalam beberapa hal seperti menyukai hubungan beresiko, berselingkuh, ceroboh secara finansial atau menabrak aturan hukum.

10.  Emosional Yang Tidak Stabil

Para psikopat memiliki personal dan kepribadian yang tidak stabil atau kerap berubah karena memiliki pengalaman masa kecil yang terkadang kurang menyenangkan.

11. Terkait Perilaku Kriminal

Para psikopat cenderung terkait kejahatan memanipulasi, artinya dia lebih mudah dimanipulasi daripada menyakiti secara fisik.

12. Tidak  Mudah Ditebak

Prilaku psikopat bisa berubah sesuai dengan keadaan dan jika ada manfaat yang didapatkannya.

13. Punya Pola Perilaku

Para psikopat akan memliki prilaku yang sama berulang-ulang karena itu merupakan gangguan prilaku.

Meski mereka sudah memiliki ciri khas sebagai seorang psikopat tetapi tidak bisa langsung menyimpulkan seseorang tersebut adalah psikopat tanpa pembuktian secara medis, dan seorang psikopat tidak mudah dibujuk untuk mau melakukan tes kepribadian sebab pada umumnya mereka tidak tahu bahwa mereka memiliki bukti sikap psikopatik.

baca juga:

Verbal Bullying Dalam Hubungan Suami Istri

Mengenal Self Harm Lebih Dekat


Nah, bila kita memiliki teman atau pasangan dengan ciri diatas dan bila ingin memutuskan hubungan dengan mereka. Maka kamu harus memiliki sikap yang tegas karena mereka akan berupaya sedemikian rupa agar kamu tidak meninggalkan mereka begitu saja.

Semoga artikel saya kali ini bisa memberikan manfaat buat kita semua.




Lina is a student at a private university, she recently broke up with her fiancé after they were acquainted for 6 years. Lina felt that there were so many irregularities in their relationship, even though Lina realized that Lina really loved her but her attitude sometimes made Lina feel scared.

what Lina felt was not unreasonable, but after 6 years of their relationship, Lina felt that she did not know the man who had become her fiancé. There are so many things that Lina doesn't know about her future husband and finally Lina decided to take a stand by breaking up the relationship that was approaching this more serious level.

what Lina is really afraid of with the change in the attitude of her future husband, which is sometimes very difficult to predict and changes. Here's the story, that morning Lina read an article on a social media page that Diamanti was doing.

Initially Lina just wanted to learn what she had to do in order to adapt to her future husband when they got married. Lina opened some information related to psychological matters that would serve as a little illustration of what she should do when she is married and face the attitude of her future husband, which she actually feels is a little different from people in general.

Lina was surprised to read the page because it mostly described the attitudes and behavior of her future husband, it was a page about psychopaths. although it is necessary to have clinical cleansing to draw conclusions whether a person is a psychopath or not, it is better if we have a little knowledge about the characteristics of a psychopath.

What exactly is a psychopath?

Medically, a psychopath is also called an anti-social personality, which is a personality that lacks empathy and a habit of breaking the rules. This personality disorder is categorized as type B disorder, which is characterized by emotional disturbances that interfere with relationships with other people.

Until now, it is not certain what causes a person to have a psychopathic personality, but the suspicion is that genetic, environmental and cultural factors can trigger this behavior.

Let's look at the signs of a psychopath:

1. Easily Bored

they tend to have a stimulation point below other people so they experience a chronic boredom phase in their lives. That's why they like to do things they find fun on a regular basis to feel normal.

2. Very Interesting

One way to trick people is to look attractive, psychopaths will do everything they can to make them look attractive so that they can trick others into interacting. they will do many things in order to be liked by other people including manipulating daily appearances, and they are able to gather a number of people and interact with them.

3. Lies a lot

while pantological liars need not have a purpose when lying, it is different from psychopaths because they serve a specific purpose. They deceive others by lying into their devices and then bond emotionally with them.

4. Less Realistic

psychopaths do not have plans for the future, they prefer to take advantage of certain momentum and if they have plans they are unrealistic for the future.

5. Feel Superior

a psychopath feels that he is number one and the greatest and feels better than the people around him so that they never think about the bad effects of his actions on others.

6. Missing Empathy Arises

a psychopath will not care about the impact he has on others, be it financial, social or personal. It happened because of the inability to feel himself and others.

One study said it studied the brain activity of some violent psychopaths and found their brains were associated with other people's sufferers.

7. Easily Angry

A psychopath has a tendency to get angry easily, no matter who they are or what they are doing.

8.Randomly intimate relationship

With the ability to attract and be unsuspecting in front of his victims, a psychopath can carry the unexpected victim in bed. But they are not interested in a commitment.

9. Implusif and irresponsible

this can be seen in a number of ways such as liking a risky relationship, having an affair, being financially careless or breaking the law.

10. Emotional Unstable

psychopaths have unstable or changing personalities and personalities because they have childhood experiences that are sometimes unpleasant.

11. Related to Criminal Behavior

Psychopaths tend to be associated with the crime of manipulation, meaning that I am easier to manipulate than physically ill.

12. Unpredictable

Psychopathic behavior can change according to circumstances and if there are benefits it gets.

13. Have a Behavior Pattern

psychopaths will have the same behavior over and over again because it is a behavioral disorder.Even though they already have the characteristics of a psychopath, they cannot immediately conclude that someone is a psychopath without medical guidance, and a psychopath is not easily persuaded to take a personality test because in general they do not know that they arehave evidence of psychopathic attitudes.well, if we have friends or partners with the above characteristics and if we want to cut ties with them. So you have to have a firm attitude because they will try in such a way so that you don't just leave them.

I hope my article this time can provide benefits for all of us.

 

6 komentar

  1. serem ya..semoga dijauhkan dari kepribadian seperti ini dalam circle pertemanan. Bisa sembuhkah kepribadian psikopat ini? Mungkin dengan bantuan psikolog bisa teratasi namun pertanyaannya, apakah si psikopat mau berkonsultasi?

    BalasHapus
  2. Haissh ngeri amat cerita Lina.Dengar atau baca kata Psikopat, bayanganku langsung ke pembunuh berdarah dingin kayak di film-film itu, hehe. Baru tahu kalau gejala-gejalanya seperti yang tertulis di atas. Kalau itu terjadi sama pasangan seperti kasusnya Lina di atas, bener banget butuh ketegasan bersikap.

    BalasHapus
  3. Terimakasih sharingnya mba. Jadi tambah wawasan tentang ciri-ciri psikopat seperti apa. Semoga kita semua tetap dengan iman yang kuat. Sehingga kesehatan psikis tetap masih bisa dikendalikan. Sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi diri sendiri dan orang lain.

    BalasHapus
  4. Wah ngeri ya mbak, apalagi zaman sekarang orang lebih banyak menghabiskan waktu dengan gadget, jadi kurang sosialisasi, sehingga rasa empat dan simpati meluntur. Mungkin itu salah satu pemicu seseorang menjadi psikopat, selain mungkin ada pengalaman buruk masa lalu dalam kehidupannya. Semoga kita semua dijauhkan dari hal itu ya mbak.

    BalasHapus
  5. Langsung kebayang psikopat di film Hollywood..duh serem memang
    Bener deh daripada kenapa-kenapa mumpung masih tunangan mending kayak di Lina..putuskan saja hubungan. daripada nanti dia jadi korban!

    BalasHapus
  6. Emang harus jeli mengamati ya, kalau cuma sekali dua kali ketemu aja gak yakin bisa deteksi ciri-cirinya. Itulah kenapa dalam membina suatu hubungan emang butuhsaling adaptasi dulu. Kebayang juga gimana dag-dig-dugnya kalau baru ketahuan setelah hubungan berlanjut.

    BalasHapus