Resep Gulai Ikan Tongkol Pemenang Terpilih Santan Kara

Kamis, 03 Desember 2020


resep masakan gulai ikan tongkol


 

Hai momies..

Semoga sehat selalu yaa.. kegiatan saya selama pandemi selalu beragam, salah satunya adalah ikut lomba memasak secara online. Jadi gini, kita masak di rumah lalu hasilnya kita foto dan kita kirimkan ke panitia setelah melalui beberapa syarat yang sudah ditentukan.

Sebenarnya lomba masak bersama santan kara ini baru pertama kali aku ikuti, sebenarnya aku sering melihat beberapa teman posting masakan bersama santan kara tapi aku belum punya nyali mau ikutan sebab pesertanya jago masak semua dan dari seluruh Indonesia kebayang kan persaingannya.

Tapi waktu itu, ya sudah aku beranikan diri buat ngikuti semua syarat ketentuan dari panitia dan mulai mencari ide untuk membuat masakan yang nanti bila dibagikan ke sosial media juga akan membawa manfaat buat momies atau setidaknya memberikan inspirasi untuk memasak.

baca juga: Resep Tteokbokki Masakan Korea Kekinian

Setelah 3 hari mencari ide, maka aku berpikir memasak masakan kesukaan keluarga lebih menarik sebab mungkin akan menjadi inspirasi buat mereka yang mengikuti sosial mediaku untuk mencoba memasak resep masakan yang aku bagikan.

Dan mulailah aku mempersiapkan bahan terutama bahan utama selain bahan santan kara tertentanya, mencari ikan tongkol yang fresh sehingga saat dimasak rasa gurih akan stand out di lidah saat kita menyantapnya. Jangan lupa santan kara, karena tanpa menggunakan kelapa fresh santan kara mampu menguatkan rasa masakan seperti santan fresh dan aku juga tidak harus ke pasar karena kita sebisa mungkin menjauhi kerumunan dan bisa membelinya di toko supermarket terdekat yang lebih safe dengan protokol kesehatan.

Setelah bahan semua sudah ready, maka yang paling penting ke dua adalah memasak dengan hati sebab menurut beberapa orang memasak dengan hati itu membuat kita merasakan nikmatnya kegiatan memasak dan memasak menjadi jauh lebih menyenangkan. Benar kan momies?..

Dan Alhamdulillah.. saat masakan ini aku posting momies, responnya cukup bagus dan akhirnya menjadi salah satu pemenang pilihan favorit. Duh, kebayang kan senangnya hati ini gak nyangka sama sekali bakal terpilih menjadi salah satu dari pemenang pilihan favorit.

Oke yuk aku bagi dulu resepnya agar momies segera bisa memasak untuk keluarga dirumah juga, ini dia resepnya:

baca juga: 4 Macam Pekerjaan Yang Bisa Kamu Tekuni Di Saat Pandemi


sertifikat pemenang pilihan favorit santan kara
sertifikat sebagai pemenang terpilh



Gulai Ikan Tongkol

Bahan:

1 ekor ikan tongkol

3 batang serai

1 buah jeruk nipis (ambil airnya)

70 ml santan kara

Air secukupnya

Minyak untuk menumis

Bumbu halus:

10 buah cabe keriting

5 siung bawang merah

3 siung bawang putih

5 cm kunyit (dibakar)

2 cm jahe

3 cm Laos

2 butir kemiri

1 sdt ketumbar bubuk

Garam secukupnya

Sedikit terasi bakar

Kaldu jamur secukupnya

Cara memasak:

Potong ikan cuci kemudian beri air jeruk nipis diamkan beberapa saat untuk menghilangkan bau amis lalu goreng sebentar atau kukus agar tidak hancur saat dimasak.

Haluskan semua bumbu halus kemudian tumis sebentar masukkan serai sampai tercium bau harumnya

Masukkan air dan santan kara biarkan mendidih kemudian masukkan ikan lalu tunggu beberapa saat dan koreksi rasa. Angkat dan siap disajikan.

Nah momies, silahkan mencoba dirumah jangan lupa selalu menjaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan. Sampai jumpa di resep saya selanjutnya, bye !..

7 komentar

  1. Waaah mba, penampakannya udh mirip gulai ikan restoran Padang :D. Menggugah bangettttt. Save dulu resepnya, ntr aku minta asistenku utk coba bikin.

    Aku suka gulai2 bersantan gini. Secara aku orang Batak yg mana gulai2 itu udah biasa. Gulai ikanlah, daging, kambing, ayam, dan semuanya berempah.

    Jd ga sabar pgn masak ini :)

    BalasHapus
  2. Wah.. keren... masakan favorit. Bahan bisa sama, kreasi masing-masing yang menentukan hasil akhir, ya. Apalagi kalau foto2 nya cakep gini, pasti banyak yang suka dan tertarik untuk mencoba

    BalasHapus
  3. Kereen, perlu dicoba resepnya neh. Fotonya bikin ngeces neh

    BalasHapus
  4. Yuni juga suka ikan tongkol. Dan paling suka emang dimasak kuah begitu. Apa saja. Maksud yuni tu nggak sekedar digoreng doang gitu lho. Hehehehe....

    BalasHapus
  5. Ya ampun penampakannya aja begitu menggoda, pantesan jadi juwaraa...Selamat ya Mbak
    Enak nih hujan-hujan bikin gulai ikan tongkol. Meski dapat ikannya segitu harus pesen ke tukang sayur dulu.
    Mau coba ah besok hari Minggu...

    BalasHapus
  6. Aduhhh..tongkol emang paling enak banget kalau digulai ya mbak. Sedep to the max.

    BalasHapus
  7. Bookmark dulu ah, kapan2 kalau beli tongkol mau nyoba resepnya. Udah bosen masak gitu2 aja mau nyobain digulai sepertinya cukup lezat

    BalasHapus