Segitiga Bermuda Indonesia, Perairan Masalembo

Jumat, 18 Desember 2020

 


perairan masalembo
doc.google

Sejujurnya mengangkat tema perairan Masalembo ini membuatku teringat kembali akan kejadian jatuhnya pesawat Adam Air penerbangan 574 tujuan Jakarta-Surabaya-Menado tahun 2007 silam, yang menewaskan seluruh penumpang pesawat tersebut. Dimana salah satu daftar manifest pesawat tersebut adalah pimpinan di perusahaan tempat aku masih aktif bekerja waktu itu.

Beberapa kejadian serupa juga banyak terjadi di perairan Masalembo ini, termasuk yang paling luar biasa adalah kapal Tampomas II yang juga menewaskan ratusan orang akibat karam di perairan Masalembu ini. Apakah sebenarnya yang terjadi di perairan Masalembo ini?

baca juga: Kabupaten Mojokerto, Pilkada Di Masa Pandemi Tahun 2020

Mengenal secara geografis tentang perairan Masalembo

Perairan Masalembo berada di kecamatan Masalembo Kabupaten Sumenep Pulau Madura, Provinsi Jawa Timur. Sementara kepulauan Masalembo adalah kepulauan yang letaknya berada di Pulau Jawa dengan pulau utama yaitu Pulau Masalembo, Pulau Masakambing dan Pulau Keramaian.



segitiga bermuda indonesia


Penyebab Rangkaian Musibah Di Perairan Masalembo

Kawasan perairan ini memiliki arus yang sangat kuat, seperti kita ketahui bahwa perairan Masalembo merupakan pertemuan dua arus, arus pertama dari barat dan terus memanjang ke Laut Jawa sementara arus utara berasal dari Selat Makasar. Fenomena ini lazim terjadi di bulan Desember sampai Januari atau Juli sampai Agustus itu sebabnya rangkaian kejadian kecelakaan banyak terjadi di bulan tersebut.

Dua arus ini kemudian bertemu di “Segitiga Masalembo” dengan membawa materi lain yaitu sediman laut. Penamaan ini berdasarkan imajjnasi masyarakat karena wilayah tersebut menghubungkan Pulau Bawean, Kota Majene dan sejumlah kepulauan di laut Jawa.

baca juga: Apa Itu Stockholm Syndrome?

Nah itu sebabnya beberapa kecelakaan laut di perairan ini disebut sebagai petaka Masalembu walaupun secara administratif masuk di wilayah perairan Majene, Sulawesi Barat. Di wilayah udara perairan ini, diyakini juga memiliki Air Pocket atau kantong udara yang dapat menyedot pesawat yang sedang terbang rendah.

Kecelakaan pesawat Adam Air dengan nomor penerbangan DHI-574 diduga akibat Air Pocket atau kantung udara tersebut. Kecelakaan tersebut menewasakan 102 orang (96 penumpang  dan 6 awak, yang merupakan angka kematian tertinggi yang hilang dalam penerbangan setelah melakukan transit di Kota Surabaya.

Jasad dan bangkai pesawat hingga saat ini masih terkubur di perairan Masalembo, kotak hitam pesawat di temukan di kedalaman 2000 meter. Dan bulan Maret 2008, Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengumumkan penyebab kecelakaan adalah cuaca buruk dan kerusakan pada alat bantu sistem navigasi inersia (IRS).

baca juga: 4 Macam Pekerjaan Yang Bisa Kamu Tekuni Di Saat Pandemi


perairan masalembo


Mitos Seputar Perairan Masalembo

Berikut adalah mitos seputar perairan Masalembo bahwa masyarakat sekitar meyakini bahwa di perairan ini merupakan pusat kerajaan ghaib, dan ada beberapa kesaksian yang pernah melihat ular besar disana. Di perairan ini, juga sering muncul gelombang dengan garis putih perlintasan gaib perairan tersebut.Itu pula sebabnya masyarakat bila ingin melaut maka mereka mengucapkan salam terlebih dahulu bahkan memberikan sesaji agar mereka merasa aman ketika melaut.

baca juga: 10 Tips Terlihat Awet Muda Di Usia 40 Tahun

Segitiga Bermuda Indonesia

Akibat banyaknya kecelakaan yang terjadi di Masalembo ini, maka perairan ini dijuluki sebagai segitiga Bermuda Indonesia. Lepas dari mitos yang berkembang, sudah selayaknya kita juga mengantisipasi kemungkinan ilmiah yang disebutkan di atas sebagai kewaspadaan yang perlu dipertimbangkan saat kita akan melakukan perjalanan melintasi perairan Masalembo.

Apalagi di saat pandemi seperti sekarang ini, walau sudah dinyatakan non reaktif saat di lakukan rapid tes, alangkah baiknya selain cuaca di bulan Desember yang sedikit memberikan rasa was-was saat melakukan penerbangan juga perlu dipertimbangkan virus Corona ini masih belum ditemukan obatnya jadi sebaiknya ditunda dulu bila ingin melakukan perjalanan ke tempat lain apabila tidak terlalu mendesak.

Demikian ulasan saya tentang Masalembo, semoga artikel ini mampu menambah wawasan dan bermanfaat bagi semua pembaca blog saya. Terima kasih, sampai jumpa.

 

 

46 komentar

  1. Perairan Masalembo memang memiliki daya tarik plus cerita yang kaya akan mitos.

    BalasHapus
  2. Sering dengar perairan Masalembo ini. Ngeri Juga kalau lewat sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi kepengen ngulik video atau film yang berhubungan dengan Masalembo ini, soalnya ada beberapa kalau tidak salah. Menarik juga diikuti untuk mengurangi rasa penasaran

      Hapus
    2. ayuk di ulik mas, riset yang banyak tentang ini

      Hapus
  3. Masalembo menjadi tempat tragedi yang cukup tragis. Pengetahuan tentang penyebab terjadinya kecelakaan harus dijadikan pelajaran supaya tidak terjadi lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali bunda, perlu dipelajari ciri-ciri iklim disana

      Hapus
  4. Saya baru tahu lho kalau Indonesia punya segitiga-segitiga Bermuda-an kayak gini. Dan saya baru sadar juga bahwa ternyata pesawat bisa tersedot jika terbang terlalu rendah.

    Kecelakaan Adam Air itu masih saya ingat jelas, karena saya baca beritanya tiap hari pada tahun 2008 itu. Kasihan penumpangnya.

    Mudah-mudahan perairan Masalembo ini segera ada penjelasan ilmiahnya. Untuk menghindari supaya jangan sampai ada kecelakaan lagi di sekitar sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuaca yang menjadi catatan disana bulan juli-agustus dan desember-januari mbak

      Hapus
  5. Saya baru tahu tentang perairan Masalembo. Apalagi tentang cerita-cerita mitos di baliknya.
    Apa pun itu perairan Masalembo ini bukti Indonesia itu unik, ya?

    BalasHapus
  6. Iya nih segitiga bermuda Indonesia ini sempet happening banget yaa dengan mitos2nyaa. Semoga saja pas lewat terbang kesana bisa berdamai dengan keadaan cuaca yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut yang saya riset,waspada sekitar bulan juli-agustus dan desember-januari

      Hapus
  7. Dulu nih ada film serial tentang ini di NET kalau gk salah. Masih ingat saya filmnya, cuman saya nggak minat nonton film serial masalembo ^^

    BalasHapus
  8. Saya lebih percaya fenomena alam dibanding hal yang berbau mistik
    Dulu banget, waktu para ahli belum punya jawaban, oklah percaya pada hal demikian

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang yang saya ulas udah ada penjelasan ilmiahnya, semoga menambah wawasan

      Hapus
  9. Langsung flashback ke kejadian 2007 dan memang saat itu merupakan salah satu kejadian yang paling menyedihkan di Tanah Air. Setiap nonton beritanya, langsung pilu rasanya :(
    Baca ini jadi tahu mengenai fenomena alam disana, dan lebih make sense sih ketimbang hal2 berbau mitos.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak, saya pun jadi ngerti tentang fenomena disana secara ilmiah

      Hapus
  10. setelah itu adam air berhenti operasi kan ya mbak? aku inget berita ini tiap hari diputer pas aku SMA. dan bikin worry banget kalau mau naik pesawat. Aku jadi tahu penjelasan ilmiah tentang masalembo ini, terima kasih mbak.

    BalasHapus
  11. Makasi ulasan ttg Masalembo ini kak erly. Aku jadi inget sinetron di Net TV yg pernah ngulas tentang Masalembo ini. Asli deh aku suka bgt baca2 dan nonton tentang misteri alam di Indonesia 🙃

    BalasHapus
  12. Awalmya aku bingung banget soal penggambaran posisi dari perairan masalembo dan letak kepulauan masalembo. Kok dari Madura ujung ujungnya ke Sulawesi ya?

    Rasanya kalau penjelasan posisinya dilengkapi ilustrasi peta, akan lebih enak dibaca nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. difoto itu sudah ada ilustrasi petanya, boleh dibaca ulang kak

      Hapus
  13. Mengenai segitiga bermuda di perairan Masalembo ini apakah ada referensi ilmiahnya? Buku atau jurnal penelitian ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau buku saya kurang tahu, riset dari google dan you tube mas

      Hapus
  14. Indonesia punya segitiga bermuda juga ya ,baru tau juga , dan aku percaya sih antara mitos dan sisi ilmiah itu berkaitan dan ada benarnya juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, mitos terkadang ada kaitan dengan ilmiah

      Hapus
  15. Akupun tahu Masalembo ini saat Adam Air walau waktu itu aku masih SD. Kemudian ada filmnya, aku lupa pernah nonton ngga yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar, saat itu viral sekali kejadiannya

      Hapus
  16. Segitiga Bermuda nya Indonesia ini emang sempat viral beberapa waktu lalu. Banyak mitos ini itu karena banyak kecelakaan terjadi. Saya sempat menulis juga tentang lokasi segitiga Masalembo ini. Cuma dalam bentuk fiksi kalau ga salah. Lupa lagi soalnya blognya udah hangus, hehehe...

    BalasHapus
  17. Kalau udah membicarakan kawasan bermuda, bawaannya akan teringat dengan kejadian kapal hilang di sana. Semoga tidak ada lagi kejadian tersebut ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saat ini bila ingin melintasi kawasan tersebut sangat diwaspadai kemungkinan kantong udara dan lain-lain

      Hapus
  18. Merinding teringat kembali peristiwa Adam Air di tahun 2007 itu. Tapi melalui artikel ini saya jadi tahu kalau Indonesia punya segitiga bermuda, dan peringatan untuk tidak terbang ke Menado di bulan Juli-Agustus dan Desember-Januari.

    Makasih buat info yang berharga ini mbak.

    BalasHapus
  19. Thanks a lot mba erly. Aku baru tau ttg segitiga Bermuda ini. Tenrnyata ada penjelasan ilmiahnya yaa

    BalasHapus
  20. Dulu sering denger soal segitiga bermuda yang cukup ramai dibicarakan juga ya. Apalagi pass Adam Air jatuh. Pas baca beritanya waktu itu merinding banget. Makanya pas naik ke pesawat suka degdegan gitu.

    BalasHapus
  21. Kalau ga salah ada judul film "Masalembo" ternyata memang ada ya. Baru tahu juga setelah baca ini kalau Indonesia punya segitiga bermuda. Jadi ingin cari tahu film dokumenternya nih aku.

    BalasHapus
  22. Menarik ya, sudah sering dengar cerita ini. Meski jadi misteri tp justru yang bikin daya tariknya :)

    BalasHapus
  23. aku baru tau mba, ternyata ada ya di Indonesia juga segitiga bermuda. jadi pengen lihat film dengan judul yang sama

    BalasHapus
  24. Wah menarik ya kisah tentang Masalembo ini, segitiga bermuda Indonesia. Kalau baca sejarah atau cerita seperti ini selalu suka saya mbak, jadi tambah pengetahuan. Apalagi selalu ada misteri di balik peristiwa tenggelamnya atau jatuhnya pesawat di wilayah ini. Ternyata ada penjelasan ilmiah yang bisa di terima, tapi misterinya tetap menarik untuk di bahas, hehehe.

    BalasHapus
  25. Yuni orang Madura tapi baru tahu kalau Masalembu itu ada segitiga bermudanya.

    Serem juga ya. Mana aku tu suka banget berkunjung ke kepulauan Madura. Termasuk Masalembu.

    BalasHapus