Junk Food, Disukai Atau Dibenci?

Minggu, 10 Januari 2021

 

junk food burger canva

Hai guys..!

Di era seperti sekarang ini, tidak dipungkiri bahwa semua serba cepat, serba praktis dan terkadang juga kita maunya yang instan. Bim sala bim... pengennya makanan sudah tersaji di meja saat perut kita sudah keroncongan minta di isi.

Hal itu, dikarenakan kita sering dikejar dead line pekerjaan yang harus selesai dalam kurun waktu relatif singkat. Hhmm.. apakah ini yang memang harus terjadi di negara yang semakin maju dan berkembang?..

baca juga: Resep Gulai Ikan Tongkol Pemenang Terpilih Santan Kara

Bahkan untuk memesan makanan pun, sangat berbeda dengan jaman dulu yang harus minta bantuan office boy kantor atau menyuruh asisten rumah tangga kita untuk berangkat membeli makanan. Namun kita hanya perlu membuka aplikasi gadget maka kita langsung bisa memesan makanan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita secara cepat dan tidak perlu merepotkan orang lain.


pizza termasuk junk food
dokumen pribadi

Saat menyantap makanan pun, kita masih juga melakukannya sambil memegang laptop agar bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Biasanya, sembari kita tidak telat makan maka memesan makanan junk food sebagai alternatif pilihan saat itu.

Tapi.. bila kita sesekali saja menyantap junk food bolehlah, anggap saja saat itu kita sedang refreshing sejenak dan sedikit melanggar komitmen pada diri sendiri yang tentu nanti tidak akan mendapatkan reward apa pun sebab kita tidak disiplin menjaga pola makan sehat. Namun setelahnya kita harus kembali pada pakem yang sudah kita buat sendiri sebagai koridor untuk tidak melanjutkan hal yang sama keesokan harinya.

baca juga: Resep Tteokbokki Masakan Korea Kekinian

Junk food, memang sangat mudah untuk disantap meski kita sedang melakukan pekerjaan lain seperti sambil mengetik, makan sesuap lalu taruh kembali di piring lanjut mengetik setelah di mulut habis kita makan lagi sesuap dan begitu terus selanjutnya. Rasa juga cukup enak dan tidak ketinggalan jaman dari waktu ke waktu, serta semua orang sangat menyukainya termasuk anak-anak yang pasti suka pizza, burger dan sejenisnya.

spagetti termasuk junk food
dokumen pribadi

Kita perlu ingat bahwa mengkonsumsi makanan junk food dalam jangka yang panjang atau sering dapat menimbulkan banyak gangguan metabolisme dalam tubuh. Beberapa ahli gizi mengatakan bahwa junk food adalah makanan (maaf) sampah karena tidak adanya kandungan gizi sedikitpun didalamnya alias zero.

baca juga: https://social.msdn.microsoft.com/Profile/KakPewe

Apa sih pengertian junk food?

Makanan yang tidak sehat, tinggi kalori dari gula atau lemak tidak mengandung serat, protein, gizi dan kandungan vitamin serta mineral.


burger termasuk junk food
dokumen pribadi

Apa saja makanan yang tergolong junk food?

Berikut 10 makanan yang tergolong junk food menurut World Health Organizational (WHO):

1Gorengan

Pada gorengan kandungan lemak tinggi dapat menyebabkan obesitas dan jantung koroner.

2Makanan kaleng

Buah atau daging kalender, kadar gizi, vitamin dan protein sudah banyak yang rusak karena proses pembuatannya.

3Asinan

Sedangkan pada asinan kandung garamnya berlebih, dapat menggangu kinerja ginjal dan menimbulkan hipertensi.

4Makanan daging yang diproses ( ham, sosis dan sejenisnya)

Kandungan garam nitrit bisa menyebabkan kanker, menggandung pengawet yang menyebabkan beban kerja hati.

5Makanan dari daging berlemak dan jeroan.

Meskipun mengandung vitamin, protein dan mnieral namun juga mengandung kolesterol.

6Olahan keju

Bila berlebihan mengkonsumsi olahan keju menyebabkan obesitas dan meningkatkannya gula darah dalam tubuh.

7Mie instan

Mie instan mengandung garam berlebih, sedikit vitamin dan mineral


mie instan termasuk junk food
dokumen pribadi


8.     8Makanan yang dipanggang atau dibakar

Makanan dibakar mengandung zat penyebab kanker

9Sajian manis beku (ice cream)

Kandungan mentega yang tinggi pada makanan menyebabkan obesitas, dan gula yang tinggi mengurangi nafsu makan.

10Manisan kering.

Menghasilkan zat karsinogenik yang mampu merusak organ-organ tubuh, terutama hati.


spagetti juga termasuk junk food
dokumen pribadi

Nah, setelah tahu lebih dalam mengenai junk food dan makanan apa saja yang tergolong junk food, maka kamu perlu waspadai jenis makanan ini. Kalau pun kamu tidak bisa menghindari sama sekali, minimal kamu bisa mengontrol diri kamu sendiri agar mungkin bisa menghitung efek samping yang dihasilkan apabila kamu terlalu sering mengkonsumsinya.

Saat ini banyak sekali kumpulan orang yang mulai memulai gaya hidup sehat, apalagi saat pandemi seperti sekarang ini pasti kita akan mempertimbangkan asupan gizi demi menjaga imunitas tubuh yang baik agar terhindar dari paparan virus Corona yang masih belum kondusif hingga saat ini.

Maka alangkah bijaksana bila kita mulai memikirkan gaya hidup yang mampu membawa kita memperoleh manfaat yang lebih dari sekedar gengsi. Makanan sehat juga tidak kalah bergengsi dengan makanan junk food, benar kan?..

Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya, stay safe from Corona!

 

 

 

28 komentar

  1. Saya masih PR banget ngurangin junk food. Bukan yang sering tapi emang doyan dan belum bisa lepas. Sebulan sekali atau dua kali masih suka beli pizza. Gorengan juga masih suka beli ke warung tetangga. Padahal kalorinya gila-gilaan junk food nih. Memang kalau nggak dipaksa belajar makan sehat bakalan keterusan. Mulut maunya yang enak-enak doang, gak kerasa ususnya jadi melar.

    BalasHapus
  2. Duh sebagian besar junk food di atas masih jadi idolakku euy hehehe... abisnya emang enak ya huhuhu. tapi emang kudu mau nggak mau ngurangin ya biar tetep sehat. Btw aku galfok ama foto-fotonya keceee mbaaa

    BalasHapus
  3. memang enak dan praktis, itu yang bikin sulit lepas dari junk food. Tapi aku baru tahu manisan kering termasuk ga sehat juga

    BalasHapus
  4. Kalau junk food bagiku optional dan bisa bantu banget di masalah kepraktisan, apalagi kalau di jalan adn urgent anak-anak belum makan, masih PR ngurangi junk food. Aku baru tau kalau olahan keju pun termasuk junk food

    BalasHapus
  5. Aduuh..duh..nomor 1 tuh yang jadi godaan terbesar, apalagi kalo ada cocolan sambel. Huh..hah..huh..hah..bunyi mulut.
    Sekarang harus "tega" ngurangi, mengingat nambah umur.

    BalasHapus
  6. Waduh makanan kesukaan saya semua iniiii... Sekarang pas masuk pandemi, saya berusaha diet, banyak buah dan sayur meski masih konsumsi gorengan dan roti.

    BalasHapus
  7. Ternyata banyak ya aneka junk food termasuk ice cream. Memang menggoda banget sih dan simple banget.

    Btw salfok sama foto2nya deh bagus take nya keren.

    BalasHapus
  8. Bagus diingatkan untuk mengenal apa itu junk food. TIdak sehat dan tidak baik untuk tubuh. Gaya hidup sehat harus diterapkan.

    BalasHapus
  9. kadang junk food memang bikin menggoda sih, tapi sebaiknya tetap juga di usahakan untuk mengurangi keseringan makan junk food

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebanyakan makanan kesukaan ku tuh mba. Junk food selalu juwara memang, selain cepet harga nya yang terjangkau bikin orang-orang jadi mudah mendapatkannya. Tapi setelah baca artikel ini, sepertinya aku harus mulai kurang-kurangin Junk Food nih mba. Thanks yah Mba atas informasinya ;)

      Hapus
  10. Aahh, aku masih suka mengkonsumsi junk food tapi kalo lagi mau aja dan badannya minta.
    Langsung diseimbangkan sama buah buahan dan detox hahaha.

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah udah mulai ngurangin junk food sejak di rumah aja krn pandemi. Namun gorengan msh nih nyaris tiap hari hiks.. gmn ya soalnya kyk msh ada yg kurang kalo ga bikin gorengan pas masak hiks

    BalasHapus
  12. Aku ya masih nyimpen nih frozen food, walaupun udah menghindari gorengan sih. Nah, bangsa sosis-sosisan dan nugget itu, kaaan praktis banget, kalau males masak.

    BalasHapus
  13. aku ga kepengen bilang mereka junkfood karena kalo dengar kata junk,pikiran ku langsung kebayang sampah, padahal masih sering aku konsumsi, mudah2an aku bisa mengolah makanan yang lebih sehat lagi

    BalasHapus
  14. lho, makanan yang dipanggang atau dibakar malah mengandung zat penyebab kanker? kayak ikan bakar, jagung bakar gitu juga termasuk kah?

    BalasHapus
  15. Saya termasuk orang yang kurang suka dengan makanan yang mengandung segala macam jenis persaosan, jadi lebih mudah menghindari makanan yang memakai saos dalam penyajiannya. Tetapi untuk gorengan, masih berusaha nih mbak, hehehe. Kayaknya masih jadi godaan terberat.

    BalasHapus
  16. Foto-foto karya Mbak Erly keren euy...
    Btw, perihal junk food, aku sih tarik ulur. Tetap sedia makanan sehat rumahan yang aku masak sendiri tapi tetap sedia atau beli junk food sesekali. Biar anak-anak juga kenal, nanti kalau sama teman atau di luar sana ada makanannya daan ga adaa pilihan biar tetap bisa makan. Tapi bukan menjadikannya kebiasaan
    Ulasan yang menarik, Mbak

    BalasHapus
  17. Duh, ampun aku masih banyak banget nih peer kurang-kurangin junk food gini masih berseliweran di jadwal mengunyahku hihi

    BalasHapus
  18. Aku kadang-kadang masih suka junk food juga. Tapi prinsipku pedoman gizi seimbang aja sih, makan sesekali boleh tapi sehari-hari lebih suka masakan langsung

    BalasHapus
  19. udah lama saya menghindari junk food mbak
    bahkan kalo pingin kentang goreng, saya sering kupas dan goreng sendiri
    Tapi sering bermanfaat
    Seperti kemarin saya sakit dan gak ada orang di rumah, untung ada makanan kalengan dan susu UHT, jadi bisa tetap makan :D

    BalasHapus
  20. Kadang mikirnya junk food itu cuma makanan semacam burger dan makanan siap saji lainnya. Ternyata banyak juga junk food yang kita bikin sendiri kayak gorengan

    BalasHapus
  21. Junk food itu sebenaernya gpp kalo sekali sekali dalam sebulan gitu hehehe tapi susah ya msy.kita terbiasa nyemilnya gorengan pdhal ya termasuk junk food

    BalasHapus
  22. wah saya baru tau kalau yang dibakar dan dipanggang itu nggak baik mbak. Saya sendiri lumayan sering menggunakan oven untuk kepentingan memasak.

    BalasHapus
  23. Banyak juga macamnya ya junk food ini, mungkin sesekali tidak mengapa ya untuk dikonsumsi, tetapi juga jangan keseringan

    BalasHapus
  24. setelah sekian lama nggak pernah beli gorengan kemarin pun aku nyoba dan rasanya nggak enak banget di lidah dan tenggorokan. Lengket banget rasanya. Kalau mau makan gorengan pun mending bikin sendiri yaa, lebih terjamin kualitasnya

    BalasHapus
  25. Junk food is the best hehehehe, anak-anak nih penyuka junk food. Alhamdulillah aku mulai mengurangi junk food karena ingin sehat di masa tua nanti.

    BalasHapus
  26. Baru ngeh ice cream juga masuk junk food ya. PAdahal anak doyan banget ini. Harus bisa mengurangi nih

    BalasHapus