6 Macam Makanan Penambah Trombosit

Selasa, 16 Februari 2021


salah satu makanan penambah trombosit

dokumen pribadi

 

Siapa yang tidak mengenal demam berdarah, pasti semua sudah mengenal penyakit ini yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Aku ingin mengulas tentang makanan penambah trombosit buat penderita demam berdarah untuk mempercepat proses penyembuhan disamping obat-obatan resep dari dokter. Namun sebelumnya aku mau sedikit cerita bahwa aku juga pernah menderita penyakit demam berdarah.

Saat itu tahun 2016, tidak tahu kapan aku merasakannya tiba-tiba badan demam dan kepala pusing berhari-hari, nafsu makan menurun, badan lemas dan seperti orang linglung dan aku tidak bisa tidur berhari-hari seperti tidak punya rasa kantuk. Pada hari ke berapa tepatnya aku lupa, aku bisa tidur pulas namun saat terbangun mulai timbul bercak merah pada lututku yang hanya bertahan satu hari saja dan keesokan harinya bercak itu menghilang dengan sendirinya.

Aku sadar ada yang tidak beres ketika aku bangun tidur esok harinya dengan badan basah kuyup seperti disiram air dan suhu badan sangat dingin sehingga sadar bahwa aku berada di fase tapal kuda setelah ingat pelajaran tentang penyakit demam berdarah, sehingga aku langsung dilarikan ke Rumah sakit dan setelah di cek laboratorium disana dinyatakan bahwa trombositku hanya 25.000, padahal trombosit orang normal pada umumnya adalah 150.000-400.000 bahkan jumlah trombosit 150.000 masih dikategorikan kurang, sungguh sangat mengkhawatirkan kondisiku saat itu.


gambar nyamuk demam berdarah

Manifes perdarahan pada pasien demam berdarah tergantung 3 faktor:

1. Faktor jumlah trombosit

2. Faktor kerapuhan pembuluh kapiler darah

3. Faktor komponen pembekuan darah


Dirumah sakit, selain mendapatkan penanganan dokter dengan berbagai suntikan melalui pembuluh darah, aku juga dianjurkan mengkonsumsi makanan penambah trombosit dari menu makanan rumah sakit dan menu makanan dari kerabat dan teman-teman yang datang menjenguk saat itu. Diantaranya adalah beberapa buah-buahan yang harus kukonsumsi meski saat itu aku lebih suka tidur setelah beberapa waktu sebelumnya sangat kesulitan untuk tidur.


Beberapa makanan penambah trombosit adalah:


kurma salah satu makanan penambah trombosit

dokumen pribadi

1. Kurma

Pada seminar nasional keperawatan 2016 menyatakan bahwa pemberian sari kurma pada pasien demam berdarah dapat meningkatkan trombosit sebesar 8,09 persen perhari. Pada penderita demam berdarah yang lemas dan tidak dapat makan banyak, kandungan kalori pada sari kurma dapat membantu mencukupi kalori harian pasien.

Beberapa kandungan yang terdapat pada sari kurma:

Kalori, 281 kcal per 100 gram

Lemak total, 0,03 gram

Karbohidrat total, 5,33 gram

Serat, 0,6 gram

Gula 4,5 gram

Protein 0,17 gram

Vitamin B16 0,012 miligram

Zat besi 0,07 miligram

Magnesium 3 miligram

Potassium 47 miligram


2. Jambu Biji

Jambu biji adalah sumber potassium yang baik maka dalam kondisi yang berat peran potassium dapat mencegah terjadinya syok karena penurunan tekanan darah yang tidak terkontrol.

Kandungan jambu biji perbuah:

68 kalori

14,32 gram karbohidrat

8.92 gram gula

0, 95 gram lemak

5,4 gram serat

417 miligram potassium

228, 3 miligram vitamin C

624 unit vitamin A

 

Selain menaikkan imunitas tubuh penderita demam berdarah sehingga diharapkan pemulihan penderita lebih cepat.

Daun jambu biji juga kaya akan antioksidan dan tanin juga memiliki sifat anti-inflamasi dan sifat anti bakteri, jadi selain konsumsi buahnya juga konsumsi daunnya.

Caranya:

6 daun jambu biji (Psidium Guajava L)

1 liter air

Rebus selama 10 menit, angkat beri tambahan madu dan minum.


3. Jeruk

Buah jeruk juga sangat dianjurkan pada penderita demam berdarah sebab vitamin C sangat membantu proses penyerapan zat besi oleh tubuh selain meningkatkan imunitas sehingga mempercepat penyembuhan pasien.

Beberapa macam kandungan buah jeruk adalah:

61,6  gram kalori

12,2  gram gula

15,4 gram karbohidrat

237  miligram mineral kalium

1,23 gram protein


4. Pepaya

Pepaya membantu menambah asupan asam folat yang sangat diperlukan tubuh untuk memproduksi trombosit darah.

Beberapa nutrisi yang terjangkau dalam 152 gram pepaya:

59 kalori

15 gram karbohidrat

1 gram protein

Vitamin A dan vitamin C serta folat (vitamin B9)

Mineral kalsium, magnesium, vitamin B1, B3, B5, E dan K.

Pepaya juga dapat meningkatkan sel-sel kekebalan virus dengue, daunnya juga dapat merangsang produksi trombosit pada pasien demam berdarah.

Berikut cara pembuatannya:

2 helai daun pepaya tanpa batang

Ditumbuk dan diperas, akan didapatkan 1 sdm perhelai daun.

Takaran dosis minum: 2sdm perhari.

Note: tidak boleh direbus dan tanpa batang


5. Delima

Buah delima sebagai sumber energi yang akan mengurangi kelelahan sebab kandungan zat besi pada buah delima cukup tinggi. Buah delima juga sangat bermanfaat bagi sel darah merah termasuk memelihara jumlah keping darah yang menjadi hal yang sangat krusial dalam proses pemulihan pasien DBD.


salah satu macam makanan penambah trombosit

dokumen pribadi


6. Pisang

Pisang mengandung mineral kalsium yang cukup tinggi yang mampu meningkatkan jumlah trombosit dan menguatkan daya tahan tubuh. Pisang mampu mempercepat pemulihan pasien demam berdarah sebab sifat antioksidan dari alfa dan beta karoten, selenium serta vitamin c.

Demikian ulasan tentang beberapa makanan penambah trombosit yang sangat diperlukan oleh penderita demam berdarah untuk mempercepat proses pemulihan, jadi bila kita mengunjungi pasien penderita demam berdarah maka lebih baik kita bawakan buah-buahan diatas agar trombosit segera stabil.

Sampai bertemu di artikel berikutnya, bye..


Sumber:

Halo.doc

Tribun

Kompas

FKUI

Kumparan

 

38 komentar

  1. wah dikirain aku hanya jambu biji saja, soalnya yang banyak dikonsumsi malah jambu biji saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ada beberapa macam buah yang bisa membantu mempercepat proses penyembuhan selain obat resep dokter.

      Hapus
  2. Terima kasih sharingnya, saya udah coba kurma dan jambu biji emang joss. Kalau mau donor darah biasanya saya konsumsi kurma selama 1 minggu juga agar HB naik, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kakak pendonor darah juga, sungguh mulia semoga senatiasa diberikan kesehatan hingga terus bisa menjadi pendonor darah. Aamiin

      Hapus
  3. Wah...samaan kita mbak aku juga trombositnya slalu rendah. Biasanya dokter cuma nyaranin aku konsumsi kurma sama jus jambu biji & aku batu tau kalo buah pisang, pepaya dan jeruk juga bisa bantu meningkatkan trombosit. Thanks for sharing.

    BalasHapus
  4. sama-sama mbak, semoga bermanfaat terima kasih udah mampir

    BalasHapus
  5. Ternyata selain jambu biji banyak juga ya buah yang bisa menambah trombosit. Soalnya di sini tiap kena DBD yang disuguhkan duluan selalu jambu biji.

    BalasHapus
  6. selama ini tahunya cuma jambu biji nih mbaaa... ternyata ada pilihan lain untuk menambah trombosit ya

    BalasHapus
  7. Selama ini belum pernah kena demam berdarah, dan semoga jangan..
    Lebih baik mencegah saja, terima kasih untuk saran buah2an di atas.. Sepertinya saya tertarik mengonsumsi jambu, pisang dan kurna hehe

    BalasHapus
  8. Aku haru tahu dan ternyata banyak juga buahnyaa hehe. Sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  9. Teria kasih sudah berbagi Mbak Erly..Alhamdulillah dengan penangananan segera dan tambahan aneka makanan penambah trombosit bisa pulih segera.
    Dan itu yang pertama, kurma, memang ya Masya Allah manfaatnya warbiayasa

    BalasHapus
  10. Terimakasih mbak tips-tips jenis makanan penambah trombosit. Saya baru tahu ternyata pisang juga berguna untuk menambahkan trombosit juga

    Biasanya saya makan pisang ketika sedang lapar atau sebagai cemilan kecil

    BalasHapus
  11. kirain yang makanan yg bisa bikin trombosit cuma jambu biji aja. ternyata ada kurma dan jeruk juga ya hihi

    BalasHapus
  12. dulu wktu demam berdarah...smpe eneg diberikan minuman,jus dari jambu. Ternyata bener ugaaa ya, naikin trombosit bgt

    BalasHapus
  13. Iya benar kita perlu sekali menngasup makanan untuk menambah trombosit apalagi bagi yang kena DB perlu banget.

    BalasHapus
  14. Jeruk juga menambah trombosit ya? Anakku pernah DB, tahunya jambu biji dan kurma waktu itu. Makasih infonya Mbak...Banyak juga ternyata penambah trombosit

    BalasHapus
  15. Selama ini aku taunya kurma dan jambu biji aja. Ternyata jeruk dan pepaya juga direkomendasikan ya

    Buah-buahan ini termasuk yang mudah kita dapatkan. Jadi saat butuh ketersediaannya ada

    Makasi infonya kakak

    BalasHapus
  16. di antara itu semua dominan saya sih pisang, dan pepaya tapi kalo pas bulan puasa belinya kurma haha enak bett

    BalasHapus
  17. saya lebih senang pepaya karena selain harga terjangkau juga bisa melancarkan pencernaan. Tapi buah yang lainnya akan saya catat agar bisa ada variasi

    BalasHapus
  18. Pantes yaa kalo yang kena DB suka dikasih sari kurma ternyata memang bagus untuk menaikkan trombosit toh

    BalasHapus
  19. 6 makanan penambah trombosit : kurma, jambu, jeruk, pisang, delima, pepaya. Saya catat. Terima kasih atas artikelnya

    BalasHapus
  20. Waktu sakit dulu, kurma dan pisang paling banyak dimakan. Dan juga direkomendasikan oleh dokternya.

    BalasHapus
  21. anak-anakku yang nomor 3 dan 4 nih yang pernah kena demam berdarah

    jadi saya paksa mereka minum jus jambu dan jus kurma, alhamdulilah membaik dengan cepat

    BalasHapus
  22. Duh sangat rendah sekali kalau hanya 25000 ya. Alhamdulillah ya ternyata bisa lekas sembuh. Semua sumber trombosit nya itu akhirnya saya ketahui juga.

    BalasHapus
  23. Selama Ini klo biacara makanan penambah trombosit, aku tahunya ya cuma kurma dan jambu biji saja
    ternyata ada juga ya yg lainnya, buah buahan lokal pula
    wajib nih stock di rumah, biar selalu sehat

    BalasHapus
  24. Tenyata banyak ya makanan penghasil trombosit selain jambu biji. Dulu oa6s suami kena DBD yang digenjot jus jambu biji aja. Thanks for sharing, Mbak.

    BalasHapus
  25. bener mbak erly, aku waktu kuliah pernah terjangkit penyakit DBD untuk naikin trombosit aku banyak konsumsi kurma dan jambu biji. sekarang pun buat menjaga daya tahan tubuh makan kurma dan dapet sunnah juga kan hehe

    BalasHapus
  26. Aku baru tahu lho kalo kurma adalah obat buat DB dan naikin trombosit.. wah info menarik nih. makasih ya kak.

    BalasHapus
  27. Pantes ya dulu tuh kalo jenguk yang kena DBD, pasti kita suka bawain sari kurma gitu ya karena ternyata kurma berkhasiat untuk booster trombosit

    BalasHapus
  28. wah papaya dan pisang masuk yaa. Pernah juga sih trombosit menurun. Untungnya buah2an mudah didapat yaa dan harganya terjangkau ini mah. makasih mbak erly buat infonya.

    BalasHapus
  29. Semuanya favorit aku! Apalagi pisang dan pepaya.

    BalasHapus
  30. Terima kasih atas referensinya, kak Erly.

    Tahun 2019 lalu, aku juga sempat dibilang demam berdarah. Cuma berhubung belum parah, aku putuskan untuk dirawat di rumah saja. Akhirnya, aku konsumsi buah kurma dan sari kurma terus menerus. Alhamdulillah, trombositnya normal kembali*

    BalasHapus
  31. Aku cuma tau jambu biji yg bisa nambah trombosit eh ga tau ada lg buah2an lainnya. Masya Allah, kurma termasuk menambah trombosit ya. Manfaatnya luar biasa si kecil nan manis ini.

    BalasHapus
  32. jadi inget tahun lalu bulan maret saya terkena DBD, dirawat sampai 7 hari, semoga itu yang terakhir ya. saat itu iya saya konsumsi sari kurma dan jus jambu tiap hari.

    BalasHapus
  33. Wah maskasih mba infonya, jadi tahu nih selama ini hanya tahu jus jambu merah aja...ternyta pepaya juga ya...hehe

    BalasHapus
  34. lagi mulai musim DB nih kalo cuaca gak menentu begini y :) wah makasih infonya, harus selalu siap sedia makanan sehat ini untuk menjaga kesehatan ya :)

    BalasHapus
  35. Ibu mertua aku tiap hari konsumsi kurma, buat naikin trombosit. Selain minum suplemen zat besi.

    Iya nih, musim hujan gini memang nyamuk DB sering berkeliaran. Makanya orang tua dulu mesti ngomong, jangan tidur pagi, nanti digigit nyamuk.

    BalasHapus
  36. Aku rutin konsumsi jambu biji dan delima, sebab ikut diet anakku. Apalagi aku ada riwayat anemia defisiensi besi. Jadi, tentu saja makanan-makanan di atas amat penting dan perlu diperhatikan.

    BalasHapus