Republik Palau, Negara Tetangga Kita

Senin, 22 Februari 2021




kepulauan palau

 

Hai semua..

Negara Indonesia memiliki beberapa negara tetangga yang pasti kamu udah pada tahu kan? Seperti Singapura, Malaysia, Brunai Darussalam dan beberapa negara tetangga lainnya. Tapi tahu kah kamu tentang negara tetangga yang satu ini?.. namanya Republik Palau, negara kecil dengan jumlah penduduk 17.907 jiwa pada tahun 2018 (bank dunia) ini memiliki luas 459 km persegi, dengan ibu kotanya bernama Ngerulmud ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari dan menggunakan mata uang dolar Amerika.

Republik Palau merupakan negara di Oseania yang merupakan negara kepulauan di Asia Pasifik, 200 km sebelah Utara dari wilayah provinsi Papua Barat, 255 km sebelah timur dari wilayah provinsi Maluku Utara, 500 km sebelah timur dari provinsi Sulawesi Utara,  dan 500 km sebelah timur dari negara Philipina.


kepulauan palau


baca juga: Segitiga Bermuda Indonesia, Perairan Masalembo

Republik Palau yang merdeka pada tahun 1994 ini memiliki 8 pulau utama dan 250 pulau kecil disekitarnya dan 10 diantaranya dijadikan pulau cagar alam. Palau memiliki keindahan alam yang sangat menarik untuk dikunjunginya salah satu destinasi wisata yang terkenal di Palau adalah danau ubur-ubur yang terletak di pulau Eil Malk, dimana di danau ini kamu bisa berenang aman bersama ubur-ubur sebab ubur-ubur ini sudah berevolusi sehingga tidak lagi menyengat dan mengeluarkan sengatan dikarenakan tidak adanya predator disana.



destinasi wisata di palau


Selanjutnya ada blue corner yang merupakan wisata air bawah laut yang sangat mempesona dan memiliki spot-spot diving yang sangat mempesona dan memanjakan mata.


keindahan bawah laut palau


Palau juga merupakan medan pertempuran dunia ke 2, dimana Amerika melakukan beberapa kali penyerangan bertubi-tubi terhadap militer Jepang di wilayah ini. Dan Lopst Fleet Of The Rock Islands adalah salah satu tempat yang merupakan saksi sejarah, terdapat 60 kapal perang Jepang yang karam di sini dan menjadi spot diving bagi para penyelam dan salah bangkai pesawat tempur yang terkenal di Palau saat WWII adalah the Jake.


pemandangan bawah laut palau


baca juga: 4 Tahap Tradisi Pernikahan di Pakistan

Palau juga memiliki keindahan budaya dan sejarah, dimana para wisatawan dapat mengunjungi desa Babeldaub disana meski tidak ada satupun tempat menginap seperti hotel dan semacamnya, para wisatawan bisa menginap di rumah warga setempat dengan memberikan hadiah berupa kopi dan semacamnya namun para wisatawan harus mematuhi adat kebudayaan setempat antara lain adalah lepaskan alas kaki sebelum memasuki rumah.

Di Palau masih banyak jalan yang belum di aspal jadi jalan tanah berdebu yang bila terguyur hujan tentu akan sangat licin, bila berkendara disana harus mematuhi peraturan lalu lintas dengan kecepatan 40km/jam dan menggunakan setir kanan.


jalanan di republik palau


Republik Palau membebaskan warganya untuk memeluk agama sesuai dengan keyakinannya, selain agama Islam di Palau terdapat agama Kristen protestan, Mormon dan agama lokal Modekngei yang dianut oleh penduduk disana. Agama Modekngei ini merupakan gabungan antara animesme tradisional dan praktik Kristen, namun mereka semua saling menghormati antar agama.

Palau adalah salah satu dari banyak negara di dunia yang tidak memiliki pasukan militer sehingga apabila terjadi invasi dari wilayah negara lain maka Amerika akan membantu negara tersebut, Palau adalah negara yang memiliki prinsip Matrilineal, dimana segala kendali berada di tangan perempuan mulai dari harta warisan, pernikahan dan segala aspek sosial berada di tangan para perempuan.



wajah warga negara palau


Dan berita terbaru, Palau adalah salah satu dari 9 negara yang terbebas dari Corona sebab sejak munculnya Corona negara ini sudah melakukan karantina mulai Maret tahun lalu. Dan hingga saat ini Republik Palau belum pernah melaporkan adanya kasus Corona di negara tersebut.

Nah.. gimana? Kamu tertarik untuk berkunjung ke Palau?.. sampai bertemu di artikelku berikutnya, see ya!..

 

 

21 komentar

  1. Aku baru tahu kak Republik Palau ini. Keren ya, mereka terbebas dari corona. Mungkin karena selalu ingat pesan IBU. Mengingat di sana yang mengurus banyak hal adalah perempuan. Aku beneran baru tau, karena tempat ini jarang disebut di berita nasional kita. Terima kasih ya kak, informasi di artikel ini bermanfaat banget buatku. - Ipeh

    BalasHapus
  2. Aku juga baru tau nih ada negara bernama Republik Palau. kirain di mana gitu, ternyata masih deketan ama Papua dan Maluku ya.. hihihi.. Mungkin nggak sih, karena negaranya terpisah lautan yang luas gitu jadi relatif aman dari Corona, apalagi mereka menutup akses masuk ke negara itu ya... semoga negara kita juga segera terbebas dari virus ini ya. Aminnnn

    BalasHapus
  3. jujur, baru tahu ada negara Republik Palau. Kok, malah jadi teringat film Moana ya. Foto pulau-pulaunya juga seperti dalam film tersebut. Ternyata matrilineal ya di sana. Bebas corona pula. Makasih infonya yang menarik ini, kak

    BalasHapus
  4. Baru tahu kalau ada negara Republik Palau, deket pula dengan Indonesia. Bebas corona, ga ada militer, makin penasaran aja.

    BalasHapus
  5. Republik palau masih terasa asing srkali di telinga saya. Pantai pantainya, landscape di gambaran ini seperti di kartun kesukaan anak saya, Moana.
    Penasaraan banget nunggu cerita srlanjutnya tentang negara tanpa militer ini . Bebas corona pula.

    BalasHapus
  6. Republik Palau, namanya asing bagi saya dan langsung terbayang alamnya yang dikelilingi lautan dengan segala kearifan lokal yang mesti dihormati wisatawan. Wah...negara yang terbebas dari corona, keren banget ya

    BalasHapus
  7. Weeeh pengetahuan baru nih, baru loh aku denger tentang Republik Palau ini. Ya ampuun kemana aja, ya...
    Langsung googling dong, kepoo. Kelihatan menarik di samudera pasifik, terlebih sangat respek terhadap kebebasan beragama di sana. Aku menunggu kelanjutan cerita Palau ini, Mbak Erly.

    BalasHapus
  8. Negara ini dibawa kendali Amerika ya. Sayang banget infrastrukturnya belum memadai.

    BalasHapus
  9. Beneran baru tahu ada republik Palau. Padahal ini termasuk tetangganya Indonesia ya mbak. Benar-benar dapet pengetahuan baru nih. JAdi penasaran kelanjutan ceritanya dari mbak erly tentang negara palau ini.

    BalasHapus
  10. Republik Palau, tadi tuh aku bacanya malah republik pulau. Saking baru tahunya sama negara ini. Tapi memang berpulau-pulau ya negaranya. Apalagi Mbak yang menarik tentang Palau ini, ceritain lagi yaaaa ...

    BalasHapus
  11. Aduh cantiknya pemandangan bawah laut. sayangnya saya gak bisa renang apalagi nyelam. bisa liatnya ya lewat foto aja. hehe...

    BalasHapus
  12. baru tahu ini, keindahan bawah lautnya bagus ya

    BalasHapus
  13. Negara ini udah lamaaaa aku masukin dlm bucket list travelingku mba. Sejak baca bukunya mba Trinity di naked traveler, dia cerita ttg Palau. Aku langsung pengen bangettt kesana. Unik aja, apalagi nama negara ini blm banyak didenger orang.

    Cuma memang pesawat kesana ga banyak. Dan sepernya aku nanti bakal nyobain rutenya mba Trinity, kesannya lewat Davao Filipina. Semoga pandemi cepet selesai, aku udh banyak cancel trip2 ku yg LN gara2 pandemi ini :(

    BalasHapus
  14. Tanpa kita sadari juga ada banyak negara kecil yang ada di sekitar Indonesia, uniknya negara Palau ini tidak punya militer ya, mungkin karena sudah terlalu aman dan tenang. hehe

    BalasHapus
  15. keren banget Indonesia :)
    Saran aja foto sebaiknya juga di cantumkan sumbernya

    BalasHapus
  16. Oseania memang memiliki banyak sekali negara-negara kecil. Masya Allah, Republik Palau, saya baru dengar juga ini namanya. Penduduknya cuma 17 ribuan, itu mah cuma lebih dikit doang dari total penduduk se-Kota Denpasar. Keren ih.

    BalasHapus
  17. Sudah pernah dengar ini negara cuma nggak ngeh kalau dekat dengan Indonesia :)
    Cakep ya

    BalasHapus
  18. Serius, ngga tau kalo punya tetangga bernama Palau ini. Kayanya seru banget ya kalo bisa main ke sana. Kayanya aman, tenang, jauh dari keriwehan. Belum punya militer ya, karena dibantuin Amerika dannn yang hebat adalah terhindar dari pandemi. Keren!

    BalasHapus
  19. Jujur aku baru tau nih tentang Republik Palau dan jatuh hati banget sama keindahan alam bawah lautnya, kecuali part yang ada bangkai pesawat eks PD2 hahhaa horor itu mah. Keren disini ternyata woman rules ya hihhi

    BalasHapus
  20. Kalau k Palau bisa pakai pesawat gak?

    BalasHapus
  21. Republik Palau, saya baru tahu ada negara ini, dengan keindahan alam yang luar biasa dan dekat dengan Indonesia. Sepertinya hidup di sana menyenangkan ya, walau negaranya kecil.

    BalasHapus