7 Jenis Makanan Dan Minuman Untuk Penunjang Kesehatan Sistem Saraf

Rabu, 03 Maret 2021


makanan penunjang kesehatan sistem saraf

 

Sistem saraf merupakan pusat yang memiliki peran sangat penting (vital) bagi kita, terutama fungsinya sebagai pengontrol fungsi tubuh dan pikiran. Cara untuk menjaga sistem saraf salah satunya adalah memilih makanan yang tepat dan bermanfaat bagi sistem saraf. Menjaga kesehatan saraf sangat penting agar dalam  sehari-harinya, fungsi kerja tubuh menjadi normal.


Sekilas tentang kerja sistem saraf manusia


gambaran sistem saraf manusia


Saraf pada tubuh dibagi menjadi 2 yaitu sensorik dan motorik, sensorik untuk merasakan impuls yang diterima sedangkan motorik adalah untuk merespons impuls yang diterima tersebut.

Beberapa gaya hidup sehat untuk meminimalisir resiko terjadinya gangguan saraf :

1. Olahraga teratur 

2. Hindari pekerjaan yang menuntut gerakan berulang.

3. Jaga berat badan ideal

4. Pastikan asupan vitamin B tercukupi

5. Hindari alkohol

Namun kali ini kita lebih fokus membahas tentang makanan yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi kesehatan sistem saraf, dan makanan apa saja yang perlu dihindari untuk mencegah perusakan sistem saraf.


Berikut ini adalah 7 makanan dan minuman untuk meningkatkan kesehatan sistem saraf, yaitu:


makanan hijau penunjang kesehatan sistem saraf


1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau kaya akan vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E dan magnesium yang penting untuk sistem saraf.

Vitamin B sangatlah penting bagi proses sintesis dan sirkulasi neurotransmiter yang merupakan bahan kimia bagi otak untuk mengatur detak jantung dan pencernaan.

Sedangkan vitamin C dan vitamin E bertindak sebagai anti penuaan pada saraf, sedangkan magnesium membantu menenangkan saraf.


alpukat salah satu makanan penunjang kesehatan sistem saraf


2. Alpukat

Alpukat mengandung folat dan vitamin K yang dapat mengurangi resiko penyakit stroke dan meningkatkan fungsi kognitif.


brokoli adalah salah jenis makanan penunjang kesehatan sistem saraf


3. Brokoli

Brokoli mengandung vitamin K dan kolin cukup tinggi yang membantu pikiran tetap tajam dan memaksimalkan kerja otak. Manfaat ini diperoleh berkat kandungan glukosionolat yang bekerja memperlambat kerusakan asetikolin sangat dibutuhkan oleh sistim saraf pusat untuk menjalankan fungsinya dengan benar serta membuat otak dan memori tetap tajam.


salmon adalah salah satu makanan penunjang kesehatan sistem saraf


4.  Ikan

Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 tinggi yang sangat baik untuk menjaga fungsi saraf.


almond adalah salah satu macam makanan yang menunjang  kesehatan sistem saraf


4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung nutrisi seperti lemak sehat, antioksidan, vitamin E yang baik untuk kesehatan otak. Vitamin E berfungsi melindungi membran sel dari kerusakan akibat radikal bebas. salah satu kacang-kacangan yang sangat disarankan adalah kacang almond.


teh hijau adalah salah satu jenis minuman penunjang kesehatan sistem saraf


5. Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang mencegah stress pada otak sehingga memperlambat proses penuaan.


minyak zaitun juga merupakan salah satu penunjang kesehatan sistem saraf


6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki antioksidan bernama polypenol yang mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Jadi minyak zaitun juga termasuk makanan yang tepat untuk menjaga kesehatan sistem saraf.


telur salah satu makanan penunjang kesehatan sistem saraf


7. Telur

Telur kaya akan kolin dan vitamin B, Kolin sangat penting untuk daya ingat sedangkan vitamin B berfungsi memperbaiki kerusakan pada fungsi sistem saraf.

Mari kita tambahkan 7 makanan diatas untuk senantiasa ada dalam menu makanan harian mulai saat ini. Tetapi kita juga perlu tahu bahwa seyogyanya kita juga perlu menghindari makanan di bawah ini yang sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi demi menjaga kesehatan sistem saraf kita.


soda adalah minuman yang patut dihindari untuk  kesehatan sistem saraf


Apa aja makanan yang perlu kita hindari?

Alkohol, soda manis dan makanan kemasan, dan makanan microwave adalah makanan yang patut dihindari sebab makanan jenis ini memiliki kelebihan gula dan zat makanan tambahan yang dapat merusak kesehatan saraf.

Salah satu faktor terbesar dalam menjaga kesehatan, dalam hal ini menjaga kesehatan sistem saraf adalah pola makan yang benar dan asupan makanan yang baik  selain olahraga, serta beberapa hal yang saya sebutkan diatas. Dan jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter atau melalui layanan aplikasi online halodoc, berhenti merokok dan selalu memeriksakan kesehatan secara rutin.

 Sampai bertemu di artikel saya selanjutnya, salam sehat. See yaa!..

 



44 komentar

  1. Setiap bulan makan ikan salmon untuk keluarga yang sehat...

    BalasHapus
  2. Sudah lama sekali kami gak minum air soda, karena memang gak baik buat kesehatan ya mbak. Mending minum teh hijau saja.

    BalasHapus
  3. Sangat bermanfaat makanan yang bergizi untuk syaraf. Saya suka dengan alpukat dan brokoli. Mau coba yang lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener banget mbak, menu makanan sehat untuk saraf juga menggoda selera. yuk cobain yang lainnya

      Hapus
  4. Saya baru tahu bahwa kesehatan saraf ini juga bisa ditunjang dari makanan ya kak. Jujur saya kalau sakit saraf sedikit aja langsung minum obat padahal gak sehat ya minum obat terus

    BalasHapus
  5. Dari list di atas yang belum dicoba minyak zaitun. Beberapa kali mau coba buat campuran salad kok rasanya masih menggoda mayones. Tapi ternyata minyak zaitun bagus buat kesehatan saraf ya. Harus dicoba nih -bacaanipeh

    BalasHapus
  6. kalo di campurkan semua bisa menjadi sebuah menu makanan enak dengan nama salad

    BalasHapus
  7. Wah semua makanan dalam list adalah makanan favorit keluarga kami
    Apalagi brokoli tuh, sayur kesukaan anakku. Wajib selalu sedia nih di rumah
    Semoga kita semua diberi kesehatan ya

    BalasHapus
  8. Sayuran berdaun hijau, alpukat, brokoli dan telur yang sering saya konsumsi. Kalau minyak zaitun, ikan salmon belum pernah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikan salmon enak kak, minyak zaitunnya masuk ke saladnya

      Hapus
  9. Beberapa waktu yang lalu, pak suami mengeluhkan gangguan syaraf di telapak tangannya karena melakukan pekerjaan yang berulang. Kayaknya pak suami bakalan senang kalau dikasih alpukat dan dimasakin sayur brokoli serta sayuran hijau lainnya. Supaya tetap sehat ya...

    BalasHapus
  10. Saya suka makan sayur berdaun hijau, alpukat, ikan, dll. Tapi saya juga suka soda, terus gimana ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikurangi dikit demi sedikit kak, semangat..

      Hapus
  11. Yuk ah kita jaga kesehatan syaraf kita. Karena penyakit syaraf itu berakibat fatal seperti syaraf kejepit.

    Lewat makanan kita bisa menjaga kesehatan syaraf

    BalasHapus
  12. Sering tidak terpikirkan untuk memperhatikan makanan yang baik untuk syaraf. Padahal ini penting sekali karena tubuh kita butuh dukungan syaraf dalam setiap aktivitas.

    BalasHapus
  13. Yang hijau-hijau bagus juga buat syaraf ternyata ya mbak. Harus diperbanyak nih makan sehat. Semakin menua harus lebih aware dengan kesehatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan salah, banyak usia muda yang kesehatannya sudah bermasalah. kesehatan itu tidak memandang usia kak

      Hapus
  14. Balasan
    1. sama-sama, terima kasih sudah berkenan mampir

      Hapus
  15. Alhamdulillah selama ini sudah mengkonsumsi makanan yg baik bagi syaraf, walau tidak tahu awalnya. Kalau alkohol memang tidak minum

    BalasHapus
  16. Beberapa waktu lalu, mama saya terdiagnosa mengalami gangguan saraf. Kaget dan panik tentu saja. Waktu itu mencari banyak informasi mengenai bagaimana mengatasinya. Termasuk dokter saraf di sekitar daerah saya dan makanan dan minuman penunjang kesehatan sistem saraf juga.

    TApi kemudian, seorang teman berkata. Mamamu nggak kayak orang yang terganggu sarafnya deh. Coba minta second opinion dulu. Bawa ke dokter lain.

    Jadi, saya bawa ke dokter lain. Dan ternyata memang bukan. Tapi informasi mengenai makanan dan minuman penunjang kesehatan saraf memang perlu kita ketahui sih. Seenggaknya, bukankah menghindari bahaya itu sangat dianjurkan.

    BalasHapus
  17. apa yang dimaksud makanan microwave mbak?
    Makanan siap saji yang harus dihangatkan di microwave?

    Saya pengidap epilepsi, jadi harus hati hati jaga pola makan

    BalasHapus
  18. alhamdulillah, semoga mamanya senantiasa diberikan kesehatan. benar mbak, dan makanannya juga enak-enak jadi kita gak berasa sedang mengontrol asupan makanan demi menjaga kesehatan.

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah saya suka sayuran dan biji2an. Cuma suka juga maknaan oven hehe. Harus pandai2 menjaga pola makan ya kan๐Ÿ™๐Ÿ˜ฌ

    BalasHapus
  20. makasih artikelnya mbak. Sebagai pengingat bahwa pola makan yg sehat memang harus benar-benar dijaga.

    BalasHapus
  21. Aku memang udah lama engga minum minuman bersoda sih. Ternyata memang terbukti engga bagus ya untuk syaraf. Kalau aku sih efeknya jadi sariawan.
    Teh hijau juga bagus yah...Kupikir untuk yg lagi diet aja. Kucoba ah...

    BalasHapus
  22. Wah terima kasih informasinya tentang makanan penunjang kesehatan sistem syaraf karena di bagian leher saya terdapat syaraf yang kejepit. Syukurlah tujuh makanan tersebut enak semua dan sangat saya sukai.Sekali lagi terima kasih Mbak

    BalasHapus
  23. Sekarang saya tuh hati hati banget kalau angkat angkat berat, soalnya pernah sakit kecettit sampe harus ke dokter syaraf. sekarang mau coba makanan yang mba tulis ini, siapa tahu bisa membantu

    BalasHapus
  24. Ternyata makanan yang baik untuk kesehatan syaraf ini gampang didapat dan pasti selalu ada di rumah, semisal telur.

    Nah ternyata soda manis dan makanan kemasan nggak selalu baik buat kesehatan ya.

    BalasHapus
  25. Ternyata makanan itu yang biasa kita konsumsi. Memiliki manfaat luar biasa untuk syaraf ternyata.

    BalasHapus
  26. Ternyata makanan yang bikin sistem syaraf sehat cukup mudah ditemukan dan dikonsumsi ya.. Kalau makanan atau minuman kemasan sih memang berbahaya untuk syaraf atau kesehatan secara general sepertinya

    BalasHapus
  27. Wah nambah ilmu saya, Mbak Erly...memang benar menjaga kesehatan sistem saraf penting dan makanya kita mesti inget pola makan yang benar dan asupan makanan yang baik juga olahraga

    BalasHapus
  28. makanan microwave itu maksudnya makanan yang sering dipanasi di microwave ya?
    ternyata itu berbahaya bagi kesehatan sistem syaraf yaa. Noted nih.

    BalasHapus
  29. Mbak Erlu ternyata jenis makanan dan minuman untuk penunjang kesheatan sistem saraf kita mudah didapat ya, eh kalau ikan salmon diganti dengan ikan kembung gmn? kan serupa ya kandungannya

    BalasHapus
  30. semua yang di sebutkan sangat baik untuk kesehatan saya yakin di pandemi ini harus bisa sehat terus hehe benar gak?

    BalasHapus
  31. aku si penyuka telor hahahaa tapi kontra dengan kolesterolnya

    BalasHapus