8 Hal Yang Dirindukan Saat Ramadhan

Jumat, 19 Maret 2021

 

hal yang sangat kita rindukan saat ramadan


Ramadhan akan segera tiba, kali ini adalah ramadhan ke 2 di tengah pandemi yang masih berlangsung, protokol kesehatan secara ketat masih diberlakukan dimana-mana agar kondisi yang mulai membaik ini akan terus berangsur membaik. Pada ramadhan sebelum pandemi melanda, jauh-jauh sebelumnya bebagai promo ramadhan  bertebaran mulai produk fashion, makanan, tiket pesawat, hotel dan masih banyak lagi.

Namun perlu diingat bahwa kondisi terkini pandemi yang membaik ini tentu membawa ketenangan bagi kita semua. Ditandai dengan beberapa bangsal di rumah sakit mulai longgar, sebagai sinyal bahwa pasien covid juga mulai mengalami penurunan, lega?.. belum karena bila di lihat secara grafik masih ada beberapa daerah yang ada sedikit penambahan pasien meskipun tidak seperti dulu namun  di beberapa daerah juga mengalami penurunan yang signifikan.

Bahkan  kita mulai merasa optimis bahwa semua akan segera berakhir, perekonomian mulai bergerak berlahan, pariwisata mulai menggeliat meski protokol kesehatan ketat diterapkan Di sana sini agar kita tetap selalu waspada bahkan tidak jarang pihak kepolisian melalukan patroli penindakan pelanggar protokol kesehatan dijalan yang tidak menggunakan masker. Dan bagi pelanggar tentu akan diberikan sanksi sebagai efek jera dan agar tidak kembali mengulangi hal yang sama.


sektor pariwisata memperketat protokol kesehatan


Hampir sama dengan ramadhan tahun lalu, kemungkinan kita juga akan melewati ramadhan tahun ini lebih banyak melakukan ibadah di rumah  dengan senantiasa menghindari kerumunan sebagai antisipasi penyebaran kembali virus covid yang belum bisa dikatakan sudah terkendali untuk bisa dimaksimalkan.

Bila bulan ramadhan sebelumnya kita benar-benar dikejutkan dengan berbagai peraturan terkait kebijakan dalam melaksanakan ibadah dan lain-lain, mungkin ramadhan tahun  ini kita sudah sedikit terbiasa dengan protokol kesehatan dan berbagai hal yang berkaitan dengan itu.


hal-hal yang dirindukan saat ramadhan

Berikut ini adalah beberapa hal yang sangat dirindukan di bulan ramadhan :

1. Buka Bersama

2. Salat Tarawih Berjamaah

3. Ngabuburit

4. Berburu Menu Berbuka Puasa

5. Tadarus di Masjid

6. Salat Id

7. Mudik Lebaran

8. Momen Silahturahmi 


1. Buka Bersama

Suasana kebersamaan yang melandasi kegiatan buka bersama setelah melewati ibadah bulan ramadan 1 hari penuh kemudian mengundang saudara, sahabat atau teman-teman untuk bersama berbagi bahagia dan berbagi rejeki sekaligus mengharapkan pahala dengan melaksanakan kegiatan berbuka puasa bersama. Tentu kegiatan berbuka puasa bersama ini sangat dirindukan oleh kita semua, apalagi suasana bahagia yang menyelimuti keakraban acara berbuka bersama sungguh tak terlupakan.


rindu buka bersama saat ramadhan


2. Salat Tarawih Berjamaah

Salat tarawih berjamaah senantiasa kita lakukan selama belum ada pandemi dan saat ini sudah terhitung 2 kali ramadan kita menahan diri hanya dengan melakukan ibadah salat tarawih dirumah saja. Tentu kita sangat merindukan suasana salat tarawih berjamaah di masjid-masjid seperti dulu kala.


salat tarawih ramadan berjamah yang dirindukan


3. Ngabuburit

Hal ke 3 yang tidak kalah kita rindukan adalah ngabuburit bersama keluarga, berkeliling sekedar menunggu saat berbuka puasa atau dengan duduk di tepi pantai menikmati senja sambil bercengkrama dan melihat hiruk pikuk semua orang yang juga melakukan hal yang sama kemudian bila menjelang waktunya berbuka kita pun kembali lagi ke rumah untuk melaksanakan buka puasa.


nagbuburit momen yang dirindu selama ramadan


4. Berburu Menu Berbuka Puasa

Salah keunikan bulan ramadhan adalah berburu menu makanan berbuka, kadang kita jumpai penjual makanan menu berbuka puasa dadakan yang ada hanya di saat bulan ramadhan. Tentu suasana ini juga sangat kita rindukan di bulan ramadhan yang akan datang, karena kita mungkin lebih memilih untuk memasak sendiri menu berbuka puasa.



berburu menu berbuka adalah kebiasaan saat ramadhan


5. Tadarus Di Masjid

Indahnya ramadhan selalu dihiasi ssuara merdu para pembaca Al-Quran di masjid-masjid sepanjang malam, yang mungkin hanya akan digantikan oleh suara dari kaset atau radio yang dipancarkan melalui speaker masjid saja.


tadarus  bersama adalah salah satu kegiatan ibadah yang sangat dirindukan


6. Salat Id

Suasana Kemenangan saat bulan ramadhan usai yang ditandai dengan salat Id berjamaah di lapangan pun mungkin untuk ke dua kalinya tidak akan kita rasakan. diganti dengan salat Id berjamaah di rumah saja dengan seluruh anggota keluarga.


salat idul fitri berjamaah yang dirindukan


7. Mudik Lebaran

Tradisi mudik lebaran yang menjadi kebiasaan seluruh masyarakat pun mungkin untuk kali ke dua tidak akan dijumpai pula, sebab menghindari penyebaran virus corona ini maka kita dianjurkan untuk tidak melakukan bepergian ke luar kota.


mudik lebaran sebelum saat pandemi


8. Momen Silahturahmi

Momen ini sangat ditunggu-tunggu saat kita dari berbagai kota meluangkan waktu berkumpul bersama-sama untuk saling bermaaf-maafan, bertukar kabar dan bercengkrama dalam suasana yang penuh kegembiraan.


silahturahmi bersama keluarga yang sangat dirindukan


Sedih?.. tentu saja, sebab tradisi yang kita lalui selama ini harus kita tinggalkan sesaat, demi kebaikan bersama. Dan akan selalu teruntai doa agar semua segera berlalu dan kita bisa hidup normal seperti dulu lagi.

Namun pelaksanaan ibadah puasa di bulan ramadhan tahun ini bisa sedikit berbeda dengan adanya penawaran promo ramadhan menginap di hotel atau staycation di aplikasi Traveloka, dengan berbagai kejutan diskon promo ramadhan  yang membuat kita akan semakin bersemangat menjalankan ibadah puasa dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Promo ramadhan staycation Traveloka ini menawarkan berbagai kejutan menarik antara lain dengan memberikan kesempatan buat kamu untuk  mendapatkan harga yang sangat ramah di kantong dengan memperoleh potongan harga yang cukup besar sehingga kamu bisa mendapatkan harga hotel yang murah.

Bagaimana Cara Memperoleh Promo Ramadhan?


traveloka menawarkan promo ramadhan


1. Aplikasi Traveloka

Cara pemesanan yang sangat mudah karena kamu tinggal memesannya melalui aplikasi di smartphone kamu, praktis dan sangat mudah bukan?.. tentu saja.

2. Terjamin Aman

traveloka adalah salah satu startup berstatus unicorn di Asia Tenggara, jadi transaksi pemesanan tiket hotel di Traveloka dijamin aman.

3. Metode Pembayaran Yang Fleksibel

Kamu bisa memilih berbagai macam metode pembayaran, mulai dengan transferbank,  uang elektronik (e-money) kartu kredit dan lain-lain.

4. Harga Jujur

kamu juga akan menemukan harga jujur saat memesan kamar menggunakan promo ramadhan ini, tidak perlu kuatir adanya harga tersembunyi yang perlu dibayarkan di kemudian hari.


traveloka promo ramadhan hotel staycation


Jadi buat kamu yang ingin ramadhan tahun ini lebih berbeda, kamu bisa langsung cari tahu apa saja tentang promo ramadhan di aplikasi Traveloka dan temukan berbagai macam paket promo ramadhan yang bisa kamu nikmati sekeluarga sekarang juga dengan tanpa meninggalkan protokol kesehatan.

Selamat menikmati bulan ramadhan yang sudah diujung mata, dan tetap jaga kesehatan. See  yaa..


50 komentar

  1. Ingat puasa ingat lebaran deh. Rindu rasanya tarawih berjamaah. Ngabuburit rame-rame. Berburu takjil di pasar-pasar kaget. Moga tahun depan pandemi minggir, kita bisa seperti dulu lagi. Makasi share nya mba.

    BalasHapus
  2. Kangen banget ya kegiatan Ramadan. Meskipun minim kegiatan, nggak mnegurangi semangat ibadah kita.

    BalasHapus
  3. Ramadhan itu yang paling dikangenin adalah bisa makan buat berbuka bareng sama keluarga besar trus silahturahmi plus hidangan berbuka puasa yg khas.

    BalasHapus
  4. Masyaallah bentar lagi ramadhan. Semoga sudah bisa shalat tarawih di masjid, kangen banget... Kangen keliling silaturahmi ke tempat saudara-saudara juga... Semoga terwujud di ramadhan kali ini

    BalasHapus
  5. Maasya allah..bener kak. Enggak terasa sebentar lagi udah mau bulan puasa aja. Iya, ya. Tahun kemarin benar-benar takut kalau mau solat di mesjid/mushola yang kurang bersih dan enggak ketat penerapan prokesnya. Sekarang, alhamdulillah udah banyak tempat ibadah yang ketat nerapin prokesnya jadi ada rencana mau ikut tarawih karena sudah dibagi-bagi jadwal giliran warga yang mau tarawih di masjid.

    BalasHapus
  6. iya bener Mbaaa, SEKANGEN ITUUU dgn bulan puasa dan Lebaran
    Semogaaaa thn ini ada KEAJAIBAN yaaa
    Kangen ikut tarawih d Masjid

    BalasHapus
  7. Saat Ramadhan tahun 2020, saya hampir tidak merasakan kenikmatan berpuasa seperti tahun sebelumnya, karena pandemi. Entah gimana dengan tahun 2021 ini ya. Semoga saja pandemi bisa segera berakhir, aaamiiin..

    Tau nggak, apa yang paling dirindukan saat ramadhan, selain ke-8 poin di atas?? Adzan Maghrib

    BalasHapus
  8. Ramadhan ya Karim....semoga kita semua bisa dipertemukan dengan Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini. Yang aku rindukan dari Ramadhan yaitu kekhusyukan ketika beribadah, senangnya berpuasa karena sebagai detok tubuh. Selain itu, berburu makanan menjelang buka puasa itu sangat dirindukan, dll. Thanks ya kak sudah mengingatkan tentang kerinduan di bulan suci ramadhan....ingin rasanya lebih maksimal tahun ini.

    BalasHapus
  9. Barusan aja mamaku nelpon nanyain lebaran mudik ke Medan ato ga :(. Dan aku lagi2 hrs ngecewain . Msh blm berani utk naik pesawat apalagi bareng anak2.

    Sebelum divaksin, aku ga bakal naik2 pesawat dulu .

    Sedih ya memang, tp sbnrnya toh kita udh biasa dari tahun lalu. Jd rasanya THN seharusnya LBH ringan utk dijalanin.

    Kangen sih ngabuburit :D. Tapi sabarin ajalaah :D. Pasti berlalu kok pandemi :)

    BalasHapus
  10. Slah satu momen Ramadhan yg paling berkesa bagiku adalah saat d Jogja. Pagi sampai sore full kajian dengan berbagai pilihan tema. Ramadhan d Jogja jadi momen yg d tunggu2 oleh mahasiswa. Bisa penghematan besar2an krna bnyak yg menyediakan hidangan berbuka.

    Pas mudik, pilihan untuk pesan2 tiket adalah Traveloka. Bnyak promonya... 🤭🤭

    BalasHapus
  11. Paling kangen tarawih bareng bareng di masjid dekat rumah. Pas pandemi gini, jumlahnya masih dibatasi. Padahal ramenya kalau pas malam jum'at ada pembagian takjil sekalian pengajian. Isi takjil sih mungkin sederhana saja hehe tapi kalau dimakan rame rame sambil mendengarkan kajian jadi istimewa.

    Staycation bisa jadi alternatif ngabuburit nih. Scrol scrol traveloka,cari cari promo di tempat yang aman, menrrapkan protokol kesehatan. Kalau bisa sih di prnginapan yang menerapkan konsep syariah. Yang jelas lirik lirik promonya wkwk..maklum emak emak iriiit

    BalasHapus
  12. Semoga pandemi segera berlalu sehingga semuanya bisa normal kembali. Amin.
    Tks info travelokanya. Langsung deh lirik-lirik cari promo-promonya. He he

    BalasHapus
  13. Duh Ramadhan memang sangat berkesan mba, apalagi setiap bulan puasa mendadak banyak acara buka bersama sekaligus reuni.. hihi Bismillah ya mba semuanya membaik dan kita diberi kelancaran aamiin

    BalasHapus
  14. Yang ku rindukan dari Ramadhan adalah saat-saat dimana kita sekeluarga berkumpul di meja makan untuk berbuka puasa, saling bercengkrama dan sholat maghrib, tarawih bersama hingga bertemu lg di meja makan untuk sahur. Dan saat ini semunya telah berubah.

    BalasHapus
  15. Kadang aku pun heran sama kebiasaan mudik kak.. tiap tahun bermacet ria untuk apa..
    Ternyata, momen nya itu yang mahal. Ketika semua keluarga bertemu. Rasanya bikin bahagia.
    Biar mudik gak kerepotan, kuy rencanakan dengan Traveloka yes

    BalasHapus
  16. Banyak hal yang dirindukan saat Ramadan ya..hiks, ternyata ini kedua kali Ramadan saat pandemi. Memang bulan yang sungguh kita rindukan dengan segala tradisi yang dimiliki. Paling kangen tarawih ke masjid, juga bukber sama keluarga besar dan teman

    BalasHapus
  17. Bener semua, setuju dengan hal-hal yang dirindukan selama Ramadan.
    Ada satu siih yg kurang suka selama Ramadan, yaitu buka puasa bersama di restoran krn acara kantor.
    Paling enak buka puasa bersama ya bersama keluarga

    BalasHapus
  18. Baru baca ini saja jadi rindu banget sama Ramadan. Tinggal sekitar 3 pekan lagi nih. Semoga Allah sampaikan umur kita ke sana, yaa.

    Agak ragu juga nih kalau Ramadan nanti kita sudah bisa "bebas keluar". Masih ada was-wasnya dan tentu saja protokol kesehatan emang harus tetap dijaga.
    Yang jelas, Insyaallah kita tetap bisa bukber bareng keluarga dan mungkin tarawih berjamaah nya di rumah saja :)

    BalasHapus
  19. ngabuburit dan berburu takjil emang paling dinanti. Sambil menunggu waktu berbuka puasa. Terus habis itu melangkah ke masjid untuk jamaah tarawih. Benar-benar menyenangkan.

    BalasHapus
  20. Meskipun enggak menjalankan puasa Ramadhan, aku tetep antusias menyambutnya lho mba. Soale banyak yang jualan tajil deket rumah hehe. Tapi sekarang di tengah pandemi gini nggak tau ya, masih akan serame biasanya apa engga. Semoga nggak mengurangi kekhusyukan ibadah ya ..

    BalasHapus
  21. Buka bersama teman, akan jadi hal yang paling saya rindukan karena selain satu ini, kami bisa melakukannya di sini. Mungkin karena dukuh kecil dengan 1 akses jalan jadi lu lagi lu lagi dan ga ada larangan.

    BalasHapus
  22. Saya merindukan ke masjid, ya walaupun saat di sana hanya bercengkerama atau silaturahim tetapi memang nuansa ramadhannya kental kalau di masjid. Makasih Mbak artikelnya mengingatkan tentang Ramadhan. Semakin merindu. Hehe

    BalasHapus
  23. Entah lah ini shalat tarawih besok bagaimana ya di daerah saya. Yg jelas Ramadhan sudah sangat dekat, tinggal menghitung hari. Udah bayar puasa yang lompong belum? hehehe

    BalasHapus
  24. Ramadan tahun ini sepertinya bakalan sama dengan Ramadan sebelumnya, di lingkungan saya masjid baru dipakai bapak-bapak dan masih dibatasi untuk jumlah jamaahnya, heuheu. Bakalan tarawih di rumah lagi, sedih.

    BalasHapus
  25. Yang jelas ramadhan tahun ini akan berbeda dengan 2 tahun sebelumnya tapi agak lebih baik daripada ramadhan di tahun yang laku.

    BalasHapus
  26. Poin tujuh bikin nyesek. Tahun ini dilarang mudik lagi ya. Padahal tahun lalu udah enggak mudik. Sedih jadinya. Pengen lebaran kumpul sama orang tua. Sayang sekali kami beda kota.

    BalasHapus
  27. Biasanya sih yang masih terhitung zona merah atau kuning itu kota-kota besar ya? Alhamdulillah, di tempatku, Bombana, Sultra, sudah zona hijau. Jadi, Ramadhan tahun ini Insya Allah lebih terasa indah daripada tahun lalu, meski ya tetap protokol kesehatan.

    BalasHapus
  28. Ngga berasa udah setahunn ramadan dilewati dengan kondisi kayak gini. Tahun ini jg gitu kayaknyaa. Apalagi dpt larangan mudik. Hikss sedih

    BalasHapus
  29. Semuanya khas Ramadan dan memang akan selalu dirindukan. Apalagi kalau kita sedang berada di perantauan. Suasana Ramadan memang tak akan bisa ditemukan di bulan lain.

    BalasHapus
  30. Semoga Ramadan kali ini kita semua bisa tetap beribadah lebih khusyuk meski ditemani pandemi. Tapi seneng karena bisa punya waktu me time lebih banyak ya mbak. Btw, thanks info travelokanya mbak

    BalasHapus
  31. sebentar lagi kita akan menyambut sang bulan suci ramadhan semoga menjadi berkah dan amal ibadah kita ya ka, semoga semuanya dilancarkan dalam menjalankan ibadah puasa ini, dna tahun ini berubah menjadi lebih baik seperti tahun-tahun sebelumnya. cukup tahun 2020 saja kita menikmati ramadhan dengan pandemi. aamiin allahuma aamiin

    BalasHapus
  32. Sebentar lagi memasuk bulan Ramadhan ya. Momen yang sering kukangen rumah mertua. Rasanya gimana gitu. Semoga Ramadhan tahun ini lancar ibadah, sehat juga ya

    BalasHapus
  33. Aku klo Ramadhan kangen sholat tarawih di masjid, sama bangun pagi buat makan sahur. Kangeeen bgt rasanya.

    BalasHapus
  34. Pandemi ini benar-benar membatasi gerak kita ya
    Aku aja yang non muslim kangen suasana ramadan kok, terutama kangen sama jajanan sorenya yang banyak pilihan enak-enak haha

    BalasHapus
  35. Aku paling kangen waktu menit demi menit menanti adzan Maghrib berkumandang, hahaha. Yah, tahun kedua puasa ditemenin corona ya. Meskipun sedih, tapi Alhamdulilah bisa ketemu lagi sm Ramadhan

    BalasHapus
  36. Allhamdulillah sebentar lagi ya Kak, sudah dalam hitungan hari kita bisa menikmatinya
    semoga kita bisa beribadah dengan lebih baik lagi aamiin

    BalasHapus
  37. Rasanya tahun ini kurang lebih sama ya mbak kayak tahun lalu. Namun promo all you can eat hotel sudah mulai ada sepertinya

    BalasHapus
  38. Paling berasa bedanya itu di mudik dan silaturahmi ya di masa pandemi ini secara banyak yang nggak mudik di masa pandemi

    BalasHapus
  39. Pastinya enak banget bisa leluasa menikmati ramdahan tanpa ada bayang" pandemi

    BalasHapus
  40. Huwaa udah kangen ngabuburit deh.. tp di tempatku istilahnya bukan ngabuburit, hunting takjilan kali yaa jam 5 an gitu... favorit banget anak2 pasti kayak Upin & Ipin smua snack khas Ramadan dikumpulin, untungnya bisa diabisin (perjanjian duluan ama saya, yg dibeli harus bener2 dihabiskan)

    BalasHapus
  41. Gak kerasa ya mbak sudah setahun lewat pandemi melanda dan kita akan masuk menjalani Ramadan lagi masih dalam keadaan pandemi juga semoga dilancarkan segala sesuatunya ya Amin YRA

    BalasHapus
  42. Nggak terasa sebentar lagi Ramadan, padahal rasanya baru kemarin Ramadan di masa pandemi. Kalau saya dan keluarga kecil kami ada satu lagi yang dirindukan dari Ramadan selain yang disebutkan di tulisan ini, tapi agak sulit dilakukan pada masa pandemi, yaitu i'tikaf di beberapa masjid (keliling) yang dulu menjadi salah satu kegiatan keluarga kecil kami.

    BalasHapus
  43. Tahun ini dilarang mudik lagi...syediiih
    Meski selama pandemi sempat mudik kilat dua kali tapi kana beda. Cuma ketemu ortu sebentar saja. Keluarga besar ga ngumpul hhuhuhu
    AKu kangen dan rindu hal-hal di artikel ini. Semoga segera usai pandemi! Aamiin

    BalasHapus
  44. Traveloka banyak promo yah...apalagi pas bulan Ramadan gini.
    Paling berkesan sih sahur dan buka puasa bersama keluarga. Kalau bukber ama temen kantor rada males euy. Suka rebutan shalat Magrib dan engga khusu'...

    BalasHapus
  45. duh Mbak Erly, aku kangen banget sama taraweh di masjid. ramadhan tahun ini jadi ramadhan tahun kedua kita sama pandemi ya...semangaat

    BalasHapus
  46. Nah iya, setuju, Mbak, 8 hal itu memang sangat dirindukan saat Ramadhan. Rasanya kurang lengkap kalau belum ada semua hal itu ya...

    BalasHapus
  47. Ramadhan selalu dirindukan dan dinantikan. Meskipun sekarang berbeda karena pandemi tapi tak mengurangi makna yang ada untuk beribadah.

    BalasHapus
  48. Kangen Bukber bareng tim kantor mbak, hihi.
    Btw sepertinya tahun ini masih bisa. Hanya prokes yg jadi prioritas utama.

    Met menyambut Ramadan buat kita semua kaum muslim di dunia.����

    BalasHapus
  49. Saya memberi komentar di hari pertama ramadhan, jadi mohon maaf lahir bathin yah, mbak. selamat menjalankan ibadah puasa. Saya kangen banyak hal, tapi tahun ini sepertinya kegiatan bakal masih sangat terbatas karena pandemi belum berakhir. Saya sudah rindu hunting makanan di Ramadhan Fair kota saya, nih. rindu jumpa temen-temen juga...

    BalasHapus