Bisnis Menjanjikan Di Saat Pandemi

Jumat, 13 Agustus 2021



Semenjak pandemi yaitu tepatnya pada bulan Maret 2020 perubahan besar dimulai, kita yang biasa hidup normal tanpa sekat, tanpa jaga jarak, tanpa peraturan yang memaksa kita harus berjauhan dengan sahabat, teman, sanak saudara. Kemudian harus membatasi diri untuk tidak berjumpa, tidak berpegang tangan, tidak berpelukan seperti dulu yang sudah terbiasa kita lakukan untuk melepas rasa rindu bahkan untuk berjabat tangan saja rasanya sangat sulit di lakukan saat ini.

Silahturahmi hanya bisa dilakukan melalui aplikasi secara virtual yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Sebagai mahluk sosial untuk tidak melakukan interaksi satu dengan lainnya tentunya sangat terasa aneh dan menyiksa. Tetapi semua kondisi ini mau tidak mau harus kita jalani dan lalui bersama-sama sebagai solusi agar penyebaran virus Corona dapat dikontrol dan di redam.




Bekerja dari rumah pun merupakan salah satu solusinya, jadi semua kegiatan pastinya lebih banyak dirumah saja. Tapi ternyata kita mampu beradaptasi secara cepat, di awal pandemi semua pihak sudah melakukan berbagai inovasi agar kita yang segala sesuatunya serba di batasi ini merasa lebih nyaman untuk tetap tinggal dirumah saja.

Bahkan beberapa usaha yang tadinya sempat terpuruk akhirnya mampu bangkit kembali dengan berbagai cara agar mampu di akses dari rumah. Berbagai provider mendukung hal ini dengan berbagai fasilitas seperti paket murah, paket  hemat dan berbagai promosi tambahan sebagai penunjang bangkitnya perekonomian yang bergerak sangat lambat.

Beberapa ahli turun tangan memberikan dukungan dengan cara membantu memberikan ide kreatif tentang bisnis dari rumah dengan modal kecil agar dapat membantu mereka yang terkena dampak pemutusan hubungan kerja sebagai imbas keadaan ini untuk bangkit dan memiliki penghasilan dari bisnis rumahan yang sangat menjanjikan tersebut. 




Bahkan pemerintah juga memberikan bantuan kepada UMKM dan membuat beberapa program lain terkait bantuan agar masyarakat sedikit termotivasi untuk dapat bangkit dari keterpurukan ini. Berikut adalah beberapa bisnis yang bisa dilakukan dari rumah tanpa modal besar dan diharapkan mampu membantu perekonomian keluarga.

Bisnis Rumahan Yang Menjanjikan Di Saat Pandemi:

1. Kuliner

Bisnis kuliner ini masih berada di peringkat pertama, dengan modal kecil dan wajib di coba apalagi bila kamu memiliki hobby memasak atau membuat makanan/minuman.

Sebab dengan adanya peraturan bekerja dari rumah belum tentu semua orang memiliki waktu untuk memasak sebab jam kerja kantor yang dibawah ke rumah juga membutuhkan konsentrasi dan waktu sehingga sebagian orang memilih untuk memesan makanan siap saji guna menghemat waktu dan tenaga.

Begitu pula ibu muda yang sibuk membantu putra putrinya belajar dirumah secara daring sehingga tidak memiliki cukup waktu untuk memasak maka solusinya adalah memesan makanan siap saji melalui aplikasi yang dapat membantu hal tersebut dan menjadikan peluang pekerjaan bagi sebagian orang lain pula untuk bekerja menjadi driver online pengantar makanan.


2. Online Shop

Tidak bisa dipungkiri bahwa kita tetap membutuhkan pakaian layak apalagi bagi balita yang memiliki pertumbuhan sangat cepat karena sebagian besar mall tutup dan beralih ke aplikasi jual online maka online shop menjadi salah satu bisnis yang mampu bertahan di situasi seperti ini, baik sebagai reseller maupun dropship dan pembayaran juga bisa dilakukan secara virtual account atau melalui bayar di tempat.





3. Influencer

Menjadi influencer juga merupakan salah satu cara menambahkan penghasilan karena dengan adanya pandemi ini media sosial jadi peran yang sangat aktif membantu mempromosikan produk dan ditunjang oleh para influencer dengan mengedukasi penjualan produk melalui review dan pengetahuan tentang produk tersebut. Yang menjadikan hal tersebut sebagai salah satu bisnis yang bisa mendatangkan rejeki dan mampu membantu perekonomian keluarga.



B

4. Blogger

Sudah sejak dulu tugas seorang blogger adalah mengedukasi Khalayak ramai tentang segala sesuatu atau topik yang dibahas secara detail dalam ulasan tulisannya.

Nah belakangan ini, blogger juga makin sering membantu produsen atau pemberi jasa untuk mengedukasi tentang informasi sebuah produk, jasa, dan banyak hal secara detail sehingga tujuan dari produsen maupun pemberi jasa bisa tercapai sebagai salah satu strategi marketing atas produk mereka. Sehingga mampu menaikan target pencapaian atas suatu produk atau jasa yang menjadi tujuan mereka menggunakan bantuan blogger.



Penghasilan yang di dapat para blogger berasal dari kesepakatan antara pemberi jasa atau brand sesuai dengan perjanjian yang sudah disepakati bersama.

5.      

5. Jual Beli barang Bekas

Kebutuhan akan suatu barang apa pun dalam kondisi saat ini pasti akan terus ada berdasarkan kepentingan mendesak yang tidak bisa ditawar lagi, adanya jual beli barang bekas tentu sangat membantu.

Contoh kongkrit adalah kebutuhan akan laptop bagi mahasiswa baru,  saat ajaran baru dan dalam kondisi daring seperti ini maka laptop sangat penting dan menjadi kebutuhan primer mahasiswa baru sebagai penunjang kegiatan perkuliahan. Klasifikasi laptop yang diperlukan sesuai jurusan yang sudah diambil kemungkinan bagi beberapa orang tua termasuk barang mewah sehingga akhirnya mereka perlu menyesuaikan laptop dengan budget yang ada.

Sehingga laptop bekas tapi masih berkualitas tentu menjadi pilihan yang tepat bahkan beberapa outlet menyediakan laptop dari perusahaan tertentu yang dalam kondisi bagus namun sudah saatnya diganti baru.

Laptop seperti ini yang kemudian di cek kondisi secara keseluruhan dengan spesifikasi yang bagus menjadi incaran para mahasiswa baru meski mungkin secara fisik tentunya kelihatan bukan baru tapi masih layak di pakai sebagai penunjang kegiatan daring sekarang ini.

Itu sebabnya pada masa ini kegiatan penjualan online barang bekas tapi berkualitas banyak berkembang dan sangat dibutuhkan beberapa orang.




 

Kledo

Apapun jenis pilihan bisnis kamu di masa pandemi ini yang paling utama adalah komitmen kamu untuk senantiasa belajar dan mengevaluasi strategi serta jangan mudah menyerah untuk maju.

Untuk memulai suatu bisnis atau usaha pasti tidak mudah dan butuh konsentrasi serta konsistensi, apalagi bila usaha tersebut mulai berkembang maka kamu akan sangat membutuhkan catatan perkembangan usaha kamu melalui pencatatan yang sistematis dan terperinci.

Oleh sebab itu kamu membutuhkan bantuan Kledo agar perkembangan usaha kamu dapat termonitor dengan jelas dan rapi untuk memudahkan kamu mempelajarinya.

kledo merupakan software akuntansi gratis yang mudah dan cantik sehingga kamu bisa membuat invoice dan mencatat invoice, purchase order dan segala aktivitas bisnismu dengan mudah serta menganalisa bisnismu dalam bentuk grafik yang cantik.



Kledo merupakan software akuntansi gratis all in one tanpa biaya tambahan apa pun, meliputi pencatatan pengeluaran dan pemasukan, buat invoice, penawaran penjualan, purchase order, rekonsiliasi bank, termasuk manajemen produk, manajemen pelanggan dan supplier pokoknya lengkap serta cocok pula bagi UMKM yang sedang naik kelas.




Sistem akuntansi terasa begitu menyenangkan, tidak lagi membosankan apalagi dengan user interface Kledo yang clean dan sangat mudah dipakai, pasti akan membuatmu betah bekerja menggunakan sistem akuntasi ini. Dibawah ini adalah contoh lain dari bentuk invoice :



Nah buat kamu yang belum memiliki sistem akuntansi sebagai pencatatan, perlu kiranya bergabung di Kledo agar bisa melihat semua hal tentang perkembangan usahamu. Jadi ke depan kamu lebih siap untuk semakin mengembangkan usaha setelah mendapatkan data akurat tentang pencatatan usaha kamu sehingga bisa segera melakukan evaluasi secara berkala dan menentukan strategi yang sesuai dan akurat.

 

 

27 komentar

  1. Benar sekali kak, asal kita punya skill dan nyali utk bertindak.bisnis kuliner apalagi, sejak pandemi bisnis kuliner sangat potensial dimasa pandemi, dan tentu menggunakan go food dan grab dlm menjalankan bisnis.

    BalasHapus
  2. Wah saya baru tahu nih ada app khusus buat bikin invoice, biasanya saya bikin manual

    BalasHapus
  3. Aku lebih sering preloved-in barang2 di rumah yg udah gak dipake lagi nih, mbak. Hehe

    BalasHapus
  4. wah asyik banget nih ada aplikasi yang bisa bantu manajemen arus kas usaha kita. aku beneran mau pake deh kayanya. biar jelas report penjualan dan pembelian tiap bulannya ya. kebetulan aku usaha barang bekas juga nih, masuk listnya mba erly, hehehehe

    BalasHapus
  5. aku blogger mbak, meski belum maksimal. Mau jualan online masih bingung, maju mundur

    BalasHapus
  6. Bisnis di bidang kuliner sih rasanya yang tetap bisa bertahan. Bahkan bisnis barunya pun bermunculan. Kalau rasa menu menunya otentik, akan jadi incaran deh. Wah baru nih saya kenal dengan Kledo.

    BalasHapus
  7. Bloger butuh inii banget keknya ya mbaa. Aku sendiri baru nyatetin uang masuk dari ngeblog beberapa hari terakhir ini selaama 1 tahun. Jadi nyesel ni duit larinya kemana ajaa gada catatan hikss. Jafi ga sadar kalo selama ini hedonn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, kita sama J! Sering duit hasil nulis langsung kepake kanan kiri sampe gak sadar huhuhu. Emang butuh aplikasi macem Kledo ini sih ya

      Hapus
  8. wah terbantu banget nih dg aplikasi ini, biar melek finansial juga ya, apalagi buat para ibu menteri keuangan keluarga yang juga punya penghasilan sendiri, jd gak kecolongan hehe

    BalasHapus
  9. Waak, keren nih Kledo. Kayaknya bakal install deh soalnya ngebantu freelance banget. Apalagi selama ini boros dan pembukuan acak adut ehe

    BalasHapus
  10. Aku jadi conten writer mbaa... Nyambi ngeblog.. heheh meskipun belum bisa konsisten tapi ini penolong banget dimasa pandemi .. hehehe

    BalasHapus
  11. MasyaAllah ya mba di tengah pandemi, Allah selalu menawarkan solusi
    dan didukung dengan software yang mumpuni macam kledo ini

    BalasHapus
  12. Makin sering nih aplikasi muncul untuk membantu meringankan pekerjaan kita.

    BalasHapus
  13. bahkan banyak yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan hidup ya mbak, salah satunya mencoba usaha yang minim modal, ditmbah bantuan dari Kledo, bikin kerjaan makin mudah dan rapi

    BalasHapus
  14. blogger malah makin laris jobnya pas pandemi bukan mbak? hihi, rejeki ya mbak, tapi ttp lebih berharap pandemi cepet pergi sih, huhu

    BalasHapus
  15. Pekerjaan yang bisa dibilang gak terdampak pandemi yaitu bisnis online atau kerja online. Saat orang dirumah saja, mereka pasti buka internet. Justru saat pandemi, prospek kerja online makin luas.

    BalasHapus
  16. Jual beli barang bekas emang lagi booming nih. Di salah satu marketplace malah ada penjualan secara live dan peminatnya banyak.

    BalasHapus
  17. Wah seru nih kalau memiliki aplikasi kledo ya kak, segala sesuatu tentang bisnis kita tercatat rapi pasti ya

    BalasHapus
  18. Seru juga nih ya bisa pake aplikasi Kledo, catatan keuangan jadi rapi

    BalasHapus
  19. Sepaket nih Mbak jualan online tetap survive bahkan saat pandemi atau justru malah makin meningkatnya omsetnya karena ketika orang takut keluar rumah maka online lah jadi pilihannya.

    BalasHapus
  20. Kak gimana memulai menjadi influencer? Maksudnya influencer yang punya fee lumayan gede, kuperhatikan ada beberapa feenya menyedihkan ya

    BalasHapus
  21. Yg penting optimis selalu ya mba. Peluang bisa didapat dr mana saja asal kita jeli. Saya inginnya bisa buka toko online tp masi mikir juga siapa yg jalankan

    BalasHapus
  22. Saya jadi bisa ikutan menikmati hasil dari bisnis nomor 4 nih Mbak, hehe... sekalian work from home, jadi ada kesempatan buat ikutan job2 blog. Btw, kl yg no 3 ada beberapa tp gak semassif yg di blog sih. Alhamdulillah ya

    BalasHapus
  23. kalau usaha sudah ada berjalan lancar namun tidak didukung dengan aplikasi pembukuan yang pas.. ga ketahuan apakah benar benar untung atau malah rugi sebenarnya.. kledo hadir untuk membantu itu

    BalasHapus
  24. Menarik sekali ya kledo ini untuk dipakai biar segala urusan keluar Masuk jadi gampang.

    BalasHapus
  25. Keadaan ini semakin meyadarkan kita tentang ke Maha Kuasanya Allah, bahwa selalu ada kemudahan dan kesulitan yang silih berganti. Kita mengalami kesukaran karena pandemi namun di sisi lain ada saja kemudahan yg diberikan melalui tangan-tangan kreatif seperti Kledo ini.

    BalasHapus
  26. Manfaatnya banyak ya ternyata menggunakan jasa digital marketing agency, apalagi pakai teknologi AI ya. Mantap bgt deh.hoki368

    BalasHapus